Di Kapal Selam Pasopati, Budiman Ungkit Peran UMKM, Fasilitas TNI AL, dan Misi Jokowi

Di Kapal Selam Pasopati, Budiman Ungkit Peran UMKM, Fasilitas TNI AL, dan Misi Jokowi
Budiman Sudjatmiko. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, SURABAYA - Ketua Inovasi UMKM, Koperasi, dan Pembangunan Desa, Yayasan Jokowi Center, Budiman Sudjatmiko, menginisiasi kolaborasi antara UMKM dengan Pusat Koperasi Angkatan Laut (Puskopal) Koarmada II TNI AL. Budiman menjanjikan fasilitas TNI AL turut membantu UMKM agar tumbuh lebih baik.

Kolaborasi itu dilakukan lewat penandatanganan MoU di Monumen Kapal Selam (Monkasel) di Surabaya.

Budiman menilai UMKM telah terbukti menjadi pondasi utama bangsa dalam menjaga perekonomian nasional yang terdampak pandemi Covid-19.

"Tujuan diadakannya MoU ini adalah untuk meningkatkan kegiatan UMKM dengan inovas-inovasi dan terobosan baru guna meningkatkan spirit usaha di masyarakat," ujar Budiman dalam Kapal Selam Pasopati, Surabaya, Jumat (25/3).

Budiman mengatakan MoU ini berkaitan dengan pengelolaan Museum Kapal Selam di Surabaya. Dia menginginkan museum itu sebagai pusat kegiatan UMKM dengan basis inovasi koperasi.

Politikus PDI Perjuangan itu menuturkan MoU ini juga bertujuan untuk memberi pelayanan kepada masyarakat agar menggerakkan roda usaha dalam rangka penguatan ekonomi kerakyatan.

Mantan anggota DPR RI itu menjelaskan Museum Kapal Selam akan dirancang sebagai sentra inovasi UMKM di Kota Surabaya. Inovasi UMKM berbentuk kegiatan pasar dan wisata rakyat.

"Nanti, insyaallah, akan ada aset-aset yang dimiliki TNI AL bisa dipakai untuk melakukan pembinaan terhadap UMKM," ujarnya.

Budiman Sudjatmiko menginisiasi kolaborasi antara UMKM dengan Puskopal Koarmada II TNI AL. Nama Presiden Jokowi turut disinggung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News