Di Kota Ini Warga Dilarang Main Handphone sambil Berjalan Kaki

Di Kota Ini Warga Dilarang Main Handphone sambil Berjalan Kaki
Pejalan kaki main handphone. Ilustrasi. Foto: Reuters

jpnn.com - Pemerintah Jepang mengimbau kepada warganya agar tidak lagi menggunakan ponsel saat berjalan di tempat umum.

Langkah itu dilakukan untuk melindungi warganya agar tidak terjadi kecelakaan. Mengingat banyak pengguna yang main ponsel sambil jalan bisa membahayakan diri sendiri dan sekitar.

Dikutip dari NDTV, Senin (6/7), nantinya setiap pengunjung yang tiba di stasiun kereta api di Kota Yamato, Jepang disambut dengan spanduk dan pengumuman aturan baru yang berlaku untuk semua perjalanan kaki.

"Menggunakan smartphone sambil berjalan sudah dilarang. Mohon operasikan smartphone setelah kalian berhenti berjalan," kata pengumuman di pengeras suara itu.

Berdasarkan peraturan yang ingin menggunakan ponsel saat di jalan umum diminta untuk berhenti di area di mana mereka tidak mengganggu lalu lintas.

Peraturan itu sepertinya mendapatkan dukungan dari warga Yamato baik tua maupun muda.

"Saya sering melihat orang menggunakan ponsel sambil berjalan. Mereka tidak memerhatikan hal-hal di sekitar mereka. Orang tua mungkin akan sulit menghindari mereka," kata Kenzo Mori, seorang warga Yamato.

Peraturan ini dibuat setelag adanya studi yang dilakukan kota Yamato pada Januari lalu. Mereka mengawasi 6.000 pejalan kaki dan mendapati 12% pejalan kaki menggunakan ponsel sambil berjalan. (mg9/jpnn)

Pemerintah setempat meminta warga tidak main handphone saat sedang berjalan kaki di tempat umum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News