Di Pulau Rinca, Pasangan Maleo Berbagi Kisah dengan Komo Sang Predator

Di Pulau Rinca, Pasangan Maleo Berbagi Kisah dengan Komo Sang Predator
"Si Komo di Pulau Rinca. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN.com

jpnn.com - BERKUNJUNG ke Taman Nasional Komodo, Flores rasanya tak lengkap jika Anda tidak mengunjungi Pulau Rinca. Pulau dengan luas 198 kilometer persegi itu adalah salah satu habitat hewan yang menjadi bagian dari tujuh keajaiban dunia. 

Labuan Bajo, Natalia Laurens

Sama dengan Pulau Komodo, untuk mengunjungi Pulau Rinca, Anda terlebih dulu harus melewati Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. 

Biayanya serupa dengan mengunjungi Pulau Komodo. Untuk mengunjungi pulau-pulau di Taman Nasional Komodo, termasuk Rinca, Anda harus menyewa sebuah kapal. Sekali sewa speed boat maupun kapal motor sedang di pelabuhan Labuan Bajo bisa mencapai Rp 2 juta-5 juta per hari. 

Di Pulau Rinca, Pasangan Maleo Berbagi Kisah dengan Komo Sang Predator

Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN.com

Perjalanan dari Labuan Bajo ke Pulau Rinca menempuh waktu 2 jam. Selama di atas kapal, jangan lewatkan kesempatan untuk menghirup udara laut nan segar dan pulau-pulau dengan hamparan savana sepanjang perjalanan. Selfie, patut menjadi kegiatan di atas kapal. 

Sampai di Rinca, kapal akan berlabuh di Loh Buaya, pintu masuk pengunjung di pulau tersebut. Biaya masuk Rp 5 ribu per orang untuk wisatawan lokal dan Rp 150 ribu pengunjung manca negara. Aturannya masih sama, saat mengunjungi habitat komodo, wisatawan harus didampingi local ranger atau naturalis guide. Biaya untuk menyewa local ranger Rp 80 ribu untuk mendampingi lima pengunjung. 

BERKUNJUNG ke Taman Nasional Komodo, Flores rasanya tak lengkap jika Anda tidak mengunjungi Pulau Rinca. Pulau dengan luas 198 kilometer persegi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News