Yuk Nonton Atraksi Komodo di Loh Liang, Siap-Siap Dikejar ya!

Yuk Nonton Atraksi Komodo di Loh Liang, Siap-Siap Dikejar ya!
Selamat Datang di Pulau Komodo. Foto-foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN.com

jpnn.com - TRAVELER wildlife harus ke sini. Ke Pulau Komodo, di ujung Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur. Pulau yang sudah mendunia ini menyimpan banyak cerita dan pemandangan menakjubkan. Bagaimana ceritanya?

Labuan Bajo, Natalia Laurens

Untuk mencapai Pulau Komodo, Anda harus terlebih dahulu menuju Labuan Bajo yang terletak di ujung Kabupaten Manggarai Barat. 

Soal biaya menuju Labuan Bajo, tergantung dari mana Anda datang. Untuk Anda yang datang dari Bali, NTB dan Kupang, bisa menumpang pesawat komersil dengan harga tiket berkisar Rp 600ribu-Rp 800 ribu. Sedangkan, untuk traveler dari Jakarta dan sekitarnya, Anda harus sedikit boros karena menyiapkan biaya pesawat komersil berkisar Rp 1,5 juta-Rp 2,5 juta. Maklum, biaya pesawat ke wilayah Indonesia Timur masih mahal.

Perjalanan wisata ke Taman Nasional Komodo terbilang cukup mahal. Tapi jangan khawatir, yang mahal hanya transportasi menuju ke Labuan Bajo dan penyewaan kapal motor ke beberapa pulau termasuk ke Pulau Komodo. Sekali sewa speed boat maupun kapal motor sedang di pelabuhan Labuan Bajo, bisa mencapai Rp 2 juta-5 juta per hari. Tergantung jenis kapal tentunya. 

Yuk Nonton Atraksi Komodo di Loh Liang, Siap-Siap Dikejar ya!

Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN.com

Menurut warga Labuan Bajo, Donatus Madhu, harga itu bisa berbeda jika Anda ingin menyewa kapal pinisi nan mewah dengan fasilitas lengkap. Anda harus merogoh kocek Rp 30 juta per hari! Bahkan ada yang bisa mencapai Rp 60 juta-Rp 100 juta. 

TRAVELER wildlife harus ke sini. Ke Pulau Komodo, di ujung Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur. Pulau yang sudah mendunia ini menyimpan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News