Di Rumah Aja, Mending Bersih-Bersih Helm Yuk, Berikut Tipsnya

Di Rumah Aja, Mending Bersih-Bersih Helm Yuk, Berikut Tipsnya
Ilustrasi helm. Foto: dok for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Selama di rumah aja, tidak ada salahnya Anda menyisihkan waktu untuk mengecek kondisi helm yang biasa digunakan saat berkendara.

Perawatan yang dilakukan secara rutin, diharapkan bisa menjaga fungsi helm tetap optimal. Masalahnya, banyak yang hanya menjadikan helm sebagai alat pelindung saja.

”Dengan melakukan perawatan helm tentunya kualitas helm akan selalu terjaga sehingga memberikan kenyamanan saat digunakan,” kata Johanes Lucky, Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor (AHM).

Dengan melakukan perawatan tersebut, diharapkan bisa mencegah dampak negatif seperti penyakit jamur kulit, bau tidak sedap, hingga menurunnya kualitas helm itu sendiri.

Sebaiknya membersihkan helm dilakukan minimal 1 bulan sekali, tetapi jika dipakai setiap hari pembersihannya dapat dilakukan setiap minggu atau segera apabila terkena hujan agar helm tetap bersih dan nyaman dipakai.

Berikut beberapa tips dari AHM dalam merawat helm sepeda motor agar tetap dalam kondisi prima dan juga safety:

1. Bersihkan lapisan luar helm berikut kaca helm jika sudah terlihat kusam atau terkena kotoran, debu atau hujan dengan kain serat halus atau kain micro fiber serta shampo atau sabun khusus perawatan helm.

Penggunaan kain dengan serat halus seperti kain micro fiberdapat mencegah lecet akibat proses pembersihan.

Selama di rumah aja, tidak ada salahnya Anda menyisihkan waktu untuk mengecek kondisi helm yang biasa digunakan saat berkendara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News