Dibanding Amien Rais, SBY Dinilai Lebih Reformis

Dibanding Amien Rais, SBY Dinilai Lebih Reformis
Dibanding Amien Rais, SBY Dinilai Lebih Reformis

jpnn.com - JAKARTA - Keputusan SBY sebagai Ketum Partai Demokrat untuk tetap mempertahankan pilkada langsung mendapat apresiasi dari Pusat Kajian Trisakti  (Pusaka Trisakti).

Keputusan ini dinilai  merupakan cermin sikap pemimpin yang tidak mau mengkhianati agenda reformasi yang sudah disusun dan disepakati stakeholders bangsa untuk membangun masyarakat lebih demokratis dibanding era masa lalu.

"Pusaka Trisakti menilai keputusan SBY dan Partai Demokrat mendukung pilkada langsung  bukanlah kemenangan koalisi pendukung Jokowi-JK atas KMP, tapi bermakna lebih dari itu sebagai  kemenangan  agenda reformasi  dan harapan rakyat diatas "kepicikan dan dendam politik" yang tak rasional  pasca pilpres kemarin," kata Direktur Eksekutif Pusaka Trisakti, Fahmi Habsyi, kepada Rakyat Merdeka Online (Grup JPNN), Jumat (19/9).

Bagi kaum muda yang merasakan denyut reformasi 98, lanjut Fahmi, tentu terkejut dengan pernyataan Amien Rais yang menyesal mendukung pilkada langsung.

Fahmi mengingat ucapan Amien Rais tahun 1998 dalam sebuah diskusi mengatakan  pasca Soeharto lengser kita akan melihat bupati, gubernur hingga presiden lahir dari aspirasi rakyat langsung.

"SBY ternyata lebih reformis dibanding Amien Rais. Pernyataan Amien Rais yang terjebak dalam kegalauan sendiri itu telah menggugurkan predikatnya sebagai tokoh reformasi sekaligus mendegradasi PAN sebagai partai yang konsisten mendukung agenda reformasi secara sepenuh hati," demikian Fahmi. (ysa)


JAKARTA - Keputusan SBY sebagai Ketum Partai Demokrat untuk tetap mempertahankan pilkada langsung mendapat apresiasi dari Pusat Kajian Trisakti 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News