Dibutuhkan Rp 1,3 T Atasi Banjir Bandung Selatan

Dibutuhkan Rp 1,3 T Atasi Banjir Bandung Selatan
Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Demi penanggulangan banjir Kabupaten Bandung, Gubernur Jawa Berat Ahmad Heryawan menemui Wapres Jusuf Kalla. Pertemuan yang difasilitasi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi membahas tindak lanjut penanggulangan banjir Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

“Jadi pertemuan ini tindak lanjut dari peninjauan saya terkait bencana banjir yang menimpa Bandung Selatan beberapa waktu lalu. Saat itu, saya yang diminta Presiden RI Joko Widodo untuk meninjau dan meminta segera dibuatkan roadmap penanggulangan banjir di Bandung,” jelas Yuddy dalam rilisnya yang diterima JPNN, Rabu (31/12).

Dikatakannya, dibutuhkan tiga langkah besar penanggulangan masalah banjir ini. Pertama, melakukan relokasi penduduk dari tempat yang menjadi mangkuk sumber banjir. Kedua, membangun waduk penyerapan air minimal seluas lima hektar dan lakukan sodetan di anak-anak sungai menuju aliran sungai Citarum.

Ketiga, melakukan perbaikan hulu seperti penghijauan hutan, pengembalian lahan-lahan hutan di sepanjang sungai, dan pengerukan panjang sampai muara hilirnya di Sungai Cirata sekitar 300 kilo meter.

“Biaya yang dibutuhkan untuk pembebasan lahan dan pembangunan waduk sekitar Rp 150 miliar sampai Rp 200 miliar dan bisa diselesaikan dalam waktu satu tahun. Namun secara komprehensif untuk biaya keseluruhan mencapai Rp 1,3 triliun dengan jangka waktu tiga tahun,” kata Yuddy.

Selain itu, lanjutnya, harus ada dukungan lintas sektoral dan Jawa Barat bisa berperan sebagai payung koordinasi pusat. Untuk itu, katanya, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan alias Aher mendatangi MenPAN-RB.

“Saya atas petunjuk Presiden memfasilitasi Gubernur Jabar ke Wapres. Saya juga mengajak Menteri PU Perumahan Rakyat dan pelaksana teknis Sungai Citarum yaitu Balai Besar Sungai Citarum. Dalam pertemuan tersebut disampaikan roadmap penanggulangan banjir di wilayah Bandung,” ucapnya.

Menurut Yuddy, Wapres Jusuf Kalla setuju dan memerintahkan Menteri PUPera untuk mendukung sepenuhnya. Presiden dan Wapres pun akan segera menyiapkan anggaran terkait perencanaan tersebut.

JAKARTA--Demi penanggulangan banjir Kabupaten Bandung, Gubernur Jawa Berat Ahmad Heryawan menemui Wapres Jusuf Kalla. Pertemuan yang difasilitasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News