Dicekal AS, 90 Perusahaan Teknologi China Bersatu

Dicekal AS, 90 Perusahaan Teknologi China Bersatu
Ilustrasi logo Huawei. Foto: Antara

jpnn.com - Sekitar 90 perusahaan teknologi Tiongkok membentuk komite semikonduktor, National Integrated Circuit Standardization Technical Committee, dengan sekretariat diusulkan di China Electronics Standardization Institute.

Pembentukan komite itu disampaikan langsung oleh Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China (MIIT).

Semikonduktor China menjadi salah satu tautan lemah dalam manufaktur elektronik, setelah Amerika Serikat membuat larangan terhadap Huawei dan ZTE untuk mengakses teknologi AS.

Bahkan perusahaan semikonduktor, seperti Semiconductor Manufacturing International Corporation (SMIC), yang berusaha untuk mengisi kekosongan karena larangan tersebut juga dicegah untuk mengakses teknologi AS.

Tujuan dibentuknya komite, dikutip dari Gizmochina, ialah untuk mengkoordinasikan industri-industri yang lemah, serta mempromosikan dan memperkuat tim standardisasi semikonduktor.

Sebanyak 90 perusahaan China yang menjadi bagian dari konsorsium ini, termasuk Huawei, HiSilicon, Xiaomi, dan Datang Semiconductor.

Kemudian ada Unichip Microelectronics, Zhanrui Communication, ZTE Microelectronics, SMIC, Datang Mobile, China Mobile, China Unicom, ZTE, dan Tencent.

Komite tersebut akan fokus pada sejumlah hal di antaranya meningkatkan standar yang relevan untuk penilaian chip, juga melakukan penelitian dan perumusan standar dalam menanggapi kinerja, keandalan dan persyaratan keamanan informasi produk. (ant/jpnn)

Dicekal AS, sekitar 90 perusahaan teknologi Tiongkok membentuk komite semikonduktor


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News