Didiet Maulana Nilai Shopee Buktikan Batik Lokal Juga Layak Ekspor

Didiet Maulana Nilai Shopee Buktikan Batik Lokal Juga Layak Ekspor
Hal ini diutarakan oleh Didiet Maulana saat menjadi narasumber di acara 'Cerita Batik Masa Kini', yang diselenggarakan oleh Shopee untuk memperingati Hari Batik Nasional 2023. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Perancang busana kemanaan Indonesia Didiet Maulana mengungkapkan kekagumannya pada pelaku UMKM batik yang makin gencar memperluas pasarnya hingga ke luar negeri.

Didiet bahkan mengungkapkan kekagumannya itu kepada para penjual batik di tanah air.

Hal ini diutarakan oleh Didiet Maulana saat menjadi narasumber di acara 'Cerita Batik Masa Kini', yang diselenggarakan oleh Shopee untuk memperingati Hari Batik Nasional 2023.

“Sungguh, sebagai seorang fashion designer dari Indonesia, salah satu cita-cita saya adalah menyebarluaskan batik sebagai warisan kultural Nusantara menjadi sebuah elemen penting dalam perkembangan tren fashion dunia. Nyatanya, hal ini juga sudah dilakukan oleh rekan-rekan pegiat UMKM di tanah air yang memanfaatkan teknologi digital melalui Shopee,” ujar Didiet.

Didiet menambahkan bahwa batik memang terus mengalami perkembangan baik dari segi motif dan juga styling.

"Mungkin seperti yang kita tahu kalau dulu batik itu cuma dipakai waktu untuk acara-acara formal. Nah, kenapa batik itu semakin populer di kalangan masyarakat saat ini? Ya karena dia terus berevolusi baik dari segi motif yang makin beragam, dan juga cara pemakaian atau stylingnya yang membuat batik semakin menarik,” tambahnya.

Menurut Didiet, beberapa motif modern yang menjadi tren dalam dunia fashion batik.

Dia mencontohkan salah satu motif yang sedang populer adalah motif abstrak yang menggabungkan berbagai elemen geometris dan bentuk non-tradisional. Motif ini memberikan kesan yang lebih kontemporer dan cocok untuk digunakan dalam gaya sehari-hari.

Perancang busana kemanaan Indonesia Didiet Maulana mengungkapkan kekagumannya pada pelaku UMKM batik yang makin gencar memperluas pasarnya hingga ke luar negeri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News