Didik Mukrianto Tunggu Gebrakan Silmy Karim di Ditjen Imigrasi

Didik Mukrianto Tunggu Gebrakan Silmy Karim di Ditjen Imigrasi
Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Demokrat Didik Mukrianto soal Dirjen Imigrasi Silmy Karim. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto menanggapi terpilihnya Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) Silmy Karim menjadi direktur jenderal (dirjen) Imigrasi di Kementerian Hukum dan HAM.

"Yang saya tahu karier Pak Silmy Karim ini banyak bergelut di korporasi, di BUMN seperti di Pindad dan Krakatau Steel. Sekarang mendapat penugasan sebagai dirjen Imigrasi," ucap Didik.

Legislator Fraksi Demokrat itu mengatakan dalam perspektif umum, keimigrasian salah satunya mengurusi lalu lintas orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia serta pengawasannya dalam rangka menjaga tegaknya kedaulatan negara.

Fungsi keimigrasian adalah bagian dari urusan pemerintahan negara dalam memberikan pelayanan keimigrasian, penegakan hukum, keamanan negara, dan fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat.

"Jika mendasarkan kepada tugas dan tanggung jawab yang cukup strategis tersebut, idealnya dirjen Imigrasi harus mempunyai integritas dan dedikasi yang kuat, selain kapasitas, kapabilitas, dan kompetensi yang baik juga," ujar Didik Mukrianto.

Didik juga menyinggung kompleksitas persoalan keimigrasian dalam upaya menjaga kedaulatan negara dari berbagai ancaman kejahatan, termasuk yang bersifat transnasional yang bisa mengancam kedaulatan negara.

Oleh karena itu, diperlukan sosok dengan rekam jejak yang kuat dalam memahami dan menangani keimigrasian.

Meskipun berbeda mengurus korporasi dan direktorat jenderal, Silmy Karim diharapkan bisa cepat menyesuaikan diri dan mengonsolidasikan seluruh resources di Ditjen Imigrasi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi bagi masyarakat dan negara.

Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto tunggu gebrakan Dirut PT Krakatau Steel Silmy Karim yang terpilih menjadi dirjen Imigrasi Kemenkumham.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News