Didukung, Gelar Pahlawan Gus Dur

Didukung, Gelar Pahlawan Gus Dur
LILIN - Umat lintas agama dalam kegiatan doa sejuta lilin untuk Gus Dur, di halaman Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (2/1). Foto: Mustafa Ramli/Jawa Pos.
JAKARTA - Dorongan dari masyarakat luas agar KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur diberi gelar pahlawan nasional, mendapat apresiasi positif dari pihak keluarga. Bahkan, mereka berharap gelar pahlawan itu bisa disahkan pemerintah dalam tahun ini.

"Kami dari keluarga tentu setuju-lah. Tapi, pendapat keluarga kan kesannya subjektif. Pendapat yang lebih objektif itu datangnya dari orang luar," kata adik kandung Gus Dur, Solahuddin Wahid, sewaktu dihubungi, Sabtu (2/1) malam.

Karena itu, menurut Gus Solah - begitu Solahuddin Wahid biasa disapa - perlu ada rangkaian diskusi dan seminar dengan mengundang banyak tokoh dan ahli untuk merumuskan apa saja karya nyata Gus Dur. "Kumpulkan orang-orang yang mengerti sejarah, memahami perjalanan karir dan perjuangan Gus Dur, untuk kepentingan bangsa ini," sarannya.

Gus Solah sendiri menilai peran terbesar Gus Dur adalah komitmennya untuk melindungi kaum minoritas. Meskipun memang banyak yang berpikiran seperti Gus Dur, namun hanya sedikit yang berani untuk berbuat secara konkrit.

JAKARTA - Dorongan dari masyarakat luas agar KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur diberi gelar pahlawan nasional, mendapat apresiasi positif dari pihak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News