Digeledah, RSCM Pastikan Operasi Transpalasi Ginjal Sesuai Prosedur

Digeledah, RSCM Pastikan Operasi Transpalasi Ginjal Sesuai Prosedur
ilustrasi ginjal. foto: dok. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Czeresna Heriawan Soejono memastikan pihaknya selalu menerapkan operasi medis yang sesuai prosedur bagi pasien. Dia mengatakan, setiap operasi transpalasi ginjal, selalu dilakukan dengan sejumlah verifikasi bagi pendonor dan penerima ginjal.

"Apakah yang bersangkutan benar-benar membutuhkannya," kata dia saat dikonfirmasi, Jumat, (5/2). Ini disampaikannya pascapenggeledahan yang dilakukan penyidik Bareskrim, kemarin.

Ia mengatakan, pendonor dan penerima harus diperiksa oleh tim advokasi transpalasi. Dalam tahapan ini, rekam medis pendonor dan penerima harus diketahui dengan jelas. Hal ini bertujuan, agar mencegah kesalahan di kemudian hari.

"Itu memang sangat ketat. Bahwa tidak hanya pemeriksaan medis, tetapi didahului dengan pemeriksaan mengenai apakah betul yang mau dioperasi orangnya dewasa. Apakah betul orang diperiksa (secara medis) ini cakap untuk mengambil keputusan mendonor," papar Heriawan.

Selain itu, menurut Heriawan, pihaknya juga melakukan wawancara pada pendonor dan penerima. Hal ini dilakukan, agar pendonor dan penerima yakin dengan keputusannya.

"Sehingga tidak dipengaruhi oleh ini itu, dan sebagainya. Ketika sudah dapat dibuktikan, baru dilakukan pemeriksaan klinis medis dan laboratorium untuk mendapati apakah secara medis pasien ini cukup sehat untuk melakukan operasi," pungkasnya. (Mg4/jpnn).

 


Berita Selanjutnya:
Kok RJ Lino jadi Pendiam

JAKARTA - Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Czeresna Heriawan Soejono memastikan pihaknya selalu menerapkan operasi medis yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News