Dihantam Pandemi Covid-19, Dahlan Iskan Sebut PDB Indonesia Tetap Tumbuh Positif

Dihantam Pandemi Covid-19, Dahlan Iskan Sebut PDB Indonesia Tetap Tumbuh Positif
Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan optimisme bahwa PDB Indonesia terus positif meskipun di tengah pandemi covid-19. Foto: dok for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Eks Menteri BUMN Dahlan Iskan optimistis produk domestik bruto (PDB) Indonesia terus positif meskipun di tengah pandemi covid-19.

Pasalnya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan PDB di Indonesia, salah satunya nilai tukar Indonesia.

Stabilitas rupiah menjadi instrumen penting untuk menentukan pertumbuhan PDB Indonesia. 

"Yang sulit kalau tidak stabil, kadang Rp 14.300, Rp 14 ribu, Rp14.700 apalagi sampai Rp 15 ribu," ungkap Dahlan dalam diskusi 'Analisis Dahlan Iskan soal Corona dan Ekonomi, Selasa (21/12).

Namun, saat ini kata Dahlan, kestabilan rupiah karena ditopang oleh neraca perdagangan yang positif.

"Dulu saya mempersoalkan bahwa kita selalu negatif terus, belakangan ini kita positif terus. Luar biasa sekali sehingga cadangan devisa kita naik terus, ini rasanya tertinggi dalam sejarah," katanya.

Lebih lanjut, Dahlan menjelaskan ada tiga hal yang menyebabkan neraca perdagangan di Indonesia tumbuh positif dan cadangan devisa tinggi.

"Pertama karena tuhan, bahwa dua tahun ini hujannya bagus, tidak terjadi kemarau panjang, tidak ada hama yang luar biasa, sehingga makanan relatif stabil," jelas Dahlan.

Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan optimisme bahwa produk domestik bruto (PDB) Indonesia terus positif meskipun di tengah pandemi covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News