Diingatkan, Ancaman Klaim Budaya dari Timor Leste

Diingatkan, Ancaman Klaim Budaya dari Timor Leste
Diingatkan, Ancaman Klaim Budaya dari Timor Leste
JAKARTA- Komisi I DPRD RI mengingatkan pemerintah untuk melindungi warisan budaya Indonesia dari ancaman klaim sepihak oleh pemerintah Timor Leste. Ancaman tersebut bukan mustahil lantaran adanya kesamaan sosial budaya antara Indonesia dengan Timor Leste. Pernyataan itu disampaikan Anggota Komisi I DPR RI, Paula Singal saat melakukan kunjungan kerja ke wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste di Belu, NTT dari 8-12 Meret.

Peringatan itu menjadi penting sebagai bentuk antisipasi. Sebab, masalah seperti itu sering dipandang remeh dan baru ada ribut-ribut jika sudah terjadi seperti kelaim sepihak dari Malaysia, beberapa waktu lalu.

"Dubesnya harus lebih pro aktif agar kebudayaan Indonesia tidak diklaim oleh Timor Leste. Mengingat masa lalu negara itu yang merupakan wilayah NKRI sehingga ada persamaan sosial budayanya," kata Paula Singal, anggota Komisi I DPR RI dalam surat elektronik yang dikirimkan pada JPNN, Kamis (11/3).

Hal lain yang ikut disorot Komisi I adalah Lapangan Udara El Tari di mana peralatannya sudah kadaluarsa. Radarnya saja buatan 1980, padahal Lanut El Tari merupakan jantung perbatasan antara Indonesia dengan Timor Leste dan Australia.

JAKARTA- Komisi I DPRD RI mengingatkan pemerintah untuk melindungi warisan budaya Indonesia dari ancaman klaim sepihak oleh pemerintah Timor Leste.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News