Diinisiasi Bu Mega, Ada Tawaran Beasiswa Penuh ke Korsel

Diinisiasi Bu Mega, Ada Tawaran Beasiswa Penuh ke Korsel
Diinisiasi Bu Mega, Ada Tawaran Beasiswa Penuh ke Korsel. Tampak Presiden MNU Choi Il, Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri dan Rektor ITS Surabaya Prof DR Joni Hermana. Foto JPNN.com

jpnn.com, KOREA SELATAN - Program kerja sama bidang pendidikan antara Mokpo National University (MNU) Korea Selatan dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur akhirnya terwujud.

Bentuk kerja sama antara dua universitas negeri ini tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman yang digelar di gedung rektorat MNU, Muan, Provinsi Jeollanam-do, Korea Selatan, Kamis (16/11).

Yang membubuhkan tanda tangan adalah Presiden MNU DR Choi Il dan Rektor ITS Surabaya Prof DR Joni Hermana dan disaksikan Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputri yang juga selaku inisiator program kerja sama tersebut.

Salah satu poin dari bentuk program kemitraan tersebut yakni memberikan beasiswa penuh kepada mahasiswa Indonesia yang akan menempuh pendidikan di MNU.

Substansi kerja sama kedua kampus itu menyangkut empat poin. Yakni pertukaran mahasiswa kedua kampus terkait ilmu kelautan dan perkapalan, kerja sama menyelenggarakan workshop internasional menyangkut isu-isu teknis perkapalan, mempromosikan pembangunan pusat teknologi pendukung industri maritim, dan kegiatan pelatihan bersama.

Bu Mega menyatakan sangat gembira dan mengapresiasi langkah MNU yang bersedia menggandeng ITS untuk kerja sama ini. Namun, ia berharap ke depannya MNU pun menjalin kemitraan dengan dua kampus lainnya di Indonesia yang juga memiliki program studi kemaritiman.

"Spesial untuk kemaritiman, ada dua kampus lagi di bagian timur Indonesia. Yakni Universitas Cenderawasih Papua dan Universitas Pattimura di Maluku," ujar Bu Mega.

Yang membubuhkan tanda tangan adalah Presiden MNU DR Choi Il dan Rektor ITS Surabaya Prof DR Joni Hermana dan disaksikan Bu Mega

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News