Inilah Orasi Ilmiah Lengkap Bu Mega di Korsel!

 Inilah Orasi Ilmiah Lengkap Bu Mega di Korsel!
Presiden Kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri menyampaikan orasi ilmiah pada acara penganugerahan gelar kehormatan doktor honoris causa. Foto JPNN.com

jpnn.com, KOREA SELATAN - Presiden Kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri menyampaikan orasi ilmiah pada acara penganugerahan gelar kehormatan doktor honoris causa yang diberikan Mokpo Nasional University di Munan, Provinsi Jeollanam-do, Korea Selatan, Kamis (16/11).

Gelar kesarjanaan yang diterima Bu Mega merupakan yang keenam kalinya. Sebelumnya ada universitas dari Rusia, Jepang, Ukraina dan Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat.

Seperti apa orasi ilmiah Bu Mega? Berikut JPNN menyajikannya secara lengkap:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam Damai Sejahtera bagi kita semua,
Salom,
Namo Buddhaya,
Om Swastiastu,

Yang Terhormat Dr. Choi Il, President of Mokpo National University
Yang Mulia Senat Guru Besar Mokpo National University
Yang Terhormat Duta Besar Republik Indonesia untuk Republic of Korea
Civitas Academica Mokpo National University

Para undangan dan hadirin Yang Berbahagia

Tadi kita sudah mendengarkan alasan pihak universitas kenapa memberikan gelar doktor honoris causa dalam bidang ekonomi, demokrasi ekonomi tepatnya. Saya ucapkan terima kasih atas gelar ini.

Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi dengan anda semua tentang ilmu politik. ilmu politik yang terkait dengan demokrasi yang saya pelajari langsung dari ayah saya. Beliau adalah Bapak Bangsa Indonesia, Presiden Pertama Republik Indonesia, Dr. Ir Soekarno, atau biasa kami panggil Bung Karno.

Antitesa dari situasi tersebut lahirlah kesadaran nasional, perasaan harus merdeka, dan kehendak kolektif melawan penindasan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News