Dijanjikan Listrik PLN Tak Padam saat UN

Dijanjikan Listrik PLN Tak Padam saat UN
Dijanjikan Listrik PLN Tak Padam saat UN

jpnn.com - SAMARINDA-Ujian Nasional (UN) tahun ini tak hanya dibayang-bayangi pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu). Ada persoalan lain yang menghantui, yakni kondisi listrik yang kerap biarpet.

Soal itu, ternyata PLN Wilayah Kaltim dan Kaltara menjamin, selama pelaksanaan ujian tamat sekolah itu distribusi setrum aman. Ini dikatakan General Manager PLN Wilayah Kaltim dan Kaltara Machnizon Masri.

Kata dia, dua hari ini pelanggan yang distribusi listriknya dipasok dari Sistem Mahakam tak ada pemadaman bergilir. Ini, kata dia, sebagai bukti kondisi setrum di sistem tersebut dalam kondisi baik. “Kami upayakan tidak padam,” janjinya.

Persiapan PLN dalam UN supaya tak biarpet, pada Minggu (6/4) hari ini, PT Cahaya Fajar Kaltim (CFK) kembali beroperasi. Masuknya pembangkit listrik ini setelah masa pemeliharaan. Kapasitas pembangkit tersebut 25 MW (megawatt).

Menurutnya, dengan kembali masuknya PT CFK ke Sistem Mahakam, maka kapasitas listrik yang terpasang di sistem ini 425 MW. Kondisi saat ini kekuatan setrum sebesar 400 MW.

“Beban puncak pada malam hari sekitar 315 MW. Ada surplus sekian MW. Ini yang diharapkan tidak ada pemadaman pada beban puncak,” harapnya.

Ia menjelaskan, UN berjalan pada pagi hari. Pada waktu itu, kondisi listrik di Sistem Mahakam masih dalam kondisi aman. Begitu juga dengan malam hari, siswa yang menghabiskan waktu untuk belajar mempersiapkan UN. “Insya Allah listrik aman. Supaya siswa bisa konsentrasi belajar,” imbuhnya.

Terpisah, Ketua Tim Koordinator Lokasi UN Kaltim dan Kaltara, Zamruddin Hasid mengatakan, pihaknya sudah sangat siap mengawasi pelaksanaan UN di dua provinsi itu. Distribusi soal dipastikan sudah sampai di lokasi minimal H-2.

SAMARINDA-Ujian Nasional (UN) tahun ini tak hanya dibayang-bayangi pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu). Ada persoalan lain yang menghantui, yakni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News