Dikabari Dapat Mobil, Ratusan Juta Melayang

SMS Penipuan Terus Bawa Korban

Dikabari Dapat Mobil, Ratusan Juta Melayang
Dikabari Dapat Mobil, Ratusan Juta Melayang

jpnn.com - JAKARTA SELATAN - Pesan singkat (SMS) penipuan yang mengiming-imingi hadiah mobil atau uang ratusan juta terus makan korban. Polisi harus mengusut dan membekuk sindikat pengirim SMS yang meresahkan itu.

Kali ini, karyawati perusahaan swasta yang bernama Yolanda Dwi Ayuningtyas, 26, menjadi korban. Warga perumahan Vila Inti Persada, Pamulang, tersebut pada Kamis malam lalu (27/2) melapor ke Mapolres Jakarta Selatan karena tertipu Rp 81,3 juta.

Awalnya, Yolanda menerima sebuah pesan SMS dari nomer telepon 082187442542 atas nama Deni Setiawan. SMS itu menyebutkan bahwa Yolanda terpilih sebagai pemenang undian yang diadakan oleh sebuah perusahaan swasta. Yolanda diminta mentransfer sejumlah uang lewat ATM BRI agar hadiah tersebut bisa segera dikirimkan.

Yolanda ternyata percaya dengan isi SMS itu. Dia kemudian menyetor uang ke rekening BRI nomor 590801000430501 atas nama Heriyanto dan nomor rekening 165901000994502 atas nama Rifki Rabana. Tidak tanggung-tanggung, dia menyetor 16 kali ke dua rekening itu. Total uang yang sudah dikirim sebesar Rp 81,3 juta.

Namun, hadiahnya tak kunjung datang. Dia lantas mencoba menghubungi nomor telepon pengirim SMS tersebut, namun nomor itu sudah tidak aktif.

Korban lain adalah seorang pegawai swasta bernama Hilman, 25. Warga Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, tersebut melapor ke Mapolres Jakarta Selatan pada Jumat lalu (14/2). Hilman mengaku ditipu seseorang yang menyaru sebagai karyawan PT Telkomsel dan bernama Jaya Poernomo.

Sebagaimana Yolanda, Hilman juga diiming-imingi hadiah mobil dan uang tunai. Dia menerima SMS yang menyatakan bahwa nomor ponselnya terpilih sebagai pemenang program undian yang diselenggarakan Telkomsel.

Karena girang bukan main, Hilman mau saja saat diminta menyetor sejumlah uang ke rekening milik Jaya Poernomo. Total uang Rp 24 juta yang ada di rekeningnya akhirnya berpindah ke rekening Jaya. Namun, hadiah yang dijanjikan ternyata nol besar.

JAKARTA SELATAN - Pesan singkat (SMS) penipuan yang mengiming-imingi hadiah mobil atau uang ratusan juta terus makan korban. Polisi harus mengusut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News