Dikabarkan Meninggal Dunia, Kim Jong-un Justru Berkirim Salam

Dikabarkan Meninggal Dunia, Kim Jong-un Justru Berkirim Salam
Pemimpin Korut Kim Jong Un. Foto: Telegraph

jpnn.com, PYONGYANG - Di tengah kabar simpang siur atas kesehatan Kim Jong-un, surat kabar resmi Korea Utara, Rodong Sinmum, menyebutkan bahwa Pemimpin Korut itu berkirim salam kepada para pekerja konstruksi di kota Samjiyon, Provinsi Ryanggang.

Kim Jong-un disebutkan telah mengirimkan surat ucapan terima kasih kepada para pekerja yang hak pernah henti mengerjakan pembangunan kota masa depan, Samjiyon, salah satu proyek pembangunan paling ambisius di Korut.

Kota Samjiyon disebut-sebut sebagai "desa sosialis ideal" oleh Kim Jong-un. Samjiyon, merupakan kota kelahiran ayah Kim dan mantan penguasa Korut, Kim Jong-il.

Kota Samjiyon terletak di kaki Gunung Paektu atau gunung suci. Namanya diambil dari tiga danau di kota, yang secara kolektif dikenal sebagai Samjiy?n.

Pada awal Desember, pemimpin Korea Utara meresmikan kota yang telah direnovasi itu dalam sebuah upacara mewah.

Sebelumnya, pembangunan Kota Samjiyon sempat tertunda karena kekurangan bahan bangunan dan tenaga kerja akibat sanksi internasional.

Penundaan itu mendorong Kim untuk memobilisasi pekerja muda. Di balik itu, aktivis hak asasi manusia menyebut para pekerja muda itu sebagai pekerja budak karena dengan upah tak layak mereka harus bekerja 12 jam sehari selama 10 tahun. (mg8/jpnn)

Dikabarkan meninggal dunia, Kim Jong-un justru dilaporkan telah berkirim salam melalui sepucuk surat.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News