JPNN.com

Dikira Bola Menggelinding di Jalan, Penasaran Lantas Didekati, Astaga Ternyata

Rabu, 11 Maret 2020 – 23:58 WIB
Dikira Bola Menggelinding di Jalan, Penasaran Lantas Didekati, Astaga Ternyata - JPNN.com
Petugas mengevakuasi trenggiling yang diserahkan Setiabudi untuk diobservasi dan nantinya dilepasliarkan ke habitat aslinya, Rabu (11/3/2020). Foto : ANTARA/HO-BKSDA Pos Sampit

jpnn.com, SAMPIT - Seekor satwa langka jenis trenggiling atau dengan nama latin 'manis javanica' ditemukan warga saat melintas di Jalan HM Arsyad Km 40, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Pria yang menemukan binatang langka tersebut pertama kali adalah bernama Setiabudi warga Sampit. Ia mengaku sangat kaget ketika melihat binatang tersebut menggelinding di jalan.

"Menggelinding ke jalan seperti bola, setelah saya dekati ternyata trenggiling. Saya tahu hewan ini dilindungi, makanya saya bawa pulang untuk diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)," kata Setiabudi di Sampit, Rabu.

Pria yang akrab disapa Budi mengaku sudah mengetahui bahwa trenggiling merupakan satwa langka yang dilindungi oleh negara. Populasi hewan bersisik pemakan semut itu semakin terancam karena diburu untuk diperjualbelikan karena pemanfaatan sisik dan dagingnya.

Saat ditemukan, trenggiling yang diperkirakan berusia tiga tahun tersebut dalam kondisi sehat. Budi memberanikan diri menangkap satwa yang jarang terlihat karena populasinya memang semakin sedikit tersebut, kemudian membawanya pulang.

Dia sempat terpikir melepasliarkan sendiri satwa itu namun hal itu diurungkannya karena khawatir trenggiling tersebut ditemukan oleh orang yang ingin memperjualbelikannya.

Berbekal informasi yang didapat dari kerabatnya, Budi kemudian melaporkan temuannya itu kepada BKSDA setempat dengan maksud menyerahkan satwa langka tersebut.

"Saya berharap trenggiling ini bisa dilepasliarkan ke habitatnya yang benar-benar aman. Makanya saya menyerahkannya kepada BKSDA karena mereka yang berwenang dan lebih tahu," jelas Budi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
budi