Kudeta Zimbabwe

Dikudeta, Mugabe Dapat Hadiah Mobil, Rumah dan Duit Miliaran

Dikudeta, Mugabe Dapat Hadiah Mobil, Rumah dan Duit Miliaran
Presiden Mugabe Robert Mugabe. Foto: AP

jpnn.com, HARARE - Beberapa bulan lalu, Robert Mugabe dipaksa mundur dari jabatan presiden Zimbabwe oleh militer dan partainya sendiri. Bisa dikatakan dia dikuteda alias digulingkan secara halus.

Meski begitu, tak semuanya buruk bagi pria 93 tahun tersebut. Pasalnya, pemerintah baru Zimbabwe memberinya berbagai fasilitas dan uang miliaran.

Dimuat The Guardian, Mugabe mendapat rumah, fasilitas penerbangan kelas satu dan armada mobil sebagai bagian dari paket pensiunnya.

Dia juga berhak atas setidaknya 20 staf termasuk enam penjaga keamanan pribadi yang semuanya dibayarkan oleh kas negara.

Media independen lokal melaporkan bulan lalu bahwa Mugabe diberi bonus pensiun sebesar 10 juta dolar AS (sekitar Rp 135 miliar). Namun, pemerintah Zimbabwe membantah klaim tersebut.

Hukum Zimbabwe tidak mengatur tentang besaran uang pensiun yang diterima presiden. Namun, konstitusi menetapkan bahwa seorang mantan presiden berhak mendapatkan pensiun setara dengan gaji seorang presiden yang duduk. (mel/rmol)


Meski kehilangan jabatannya, Robert Mugabe masih bisa tersenyum karena mendapat hadiah pensiun besar dari pemerintah baru Zimbabwe


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News