Dinas LH Janji Maksimalkan Penggunaan RDF, Bisa Kurangi Sampah Jakarta Sebegini

Dinas LH Janji Maksimalkan Penggunaan RDF, Bisa Kurangi Sampah Jakarta Sebegini
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto usai peninjauan ke fasilitas Landfill Mining dan RDF Plant di TPST Bantargebang, Bekasi. Foto: Ryana Aryadita Umasugi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan pihaknya akan memaksimalkan segala fasilitas Landfill Mining dan RDF Plant di TPST Bantargebang.

Hal tersebut bertujuan agar kegiatan pengolahan sampah di Jakarta bisa berjalan optimal serta dapat mengatasi permasalahan sampah secara bertahap.

"Timbunan sampah Jakarta yang sekitar 8.200-an per hari, bisa dialihkan ke RDF plant TPST Bantargebang dengan muatan antara 7.500 hingga 7.700 ton,” kata Asep di TPST Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (2/1).

Selain RDF, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga berharap agar Intermediate Treatment Facility (ITF) di kawasan Sunter, Jakarta Utara segera terbangun.

Tujuannya, agar sampah bisa diolah di dalam Jakarta sehingga semakin sedikit sampah yang di ke Bantargebang.

Selain itu, supaya pengangkutan tidak kurang dari 1.200 truk sampah per hari.

"Mudah-mudahan, setelah  (ITF) selesai dibangun, bisa ikut mengurangi beban pembuangan sampah di Jakarta," kata dia.

Diketahui, pembangunan fasilitas ini dilaksanakan di atas lahan seluas 74.914 meter persegi di dalam area TPST Bantargebang.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan pihaknya akan memaksimalkan segala fasilitas Landfill Mining dan RDF Plant di TPST Bantargebang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News