Dinkes Pantau Penyebaran HIV/AIDS di Pasar Ciawi

Dinkes Pantau Penyebaran HIV/AIDS di Pasar Ciawi
Dinkes Pantau Penyebaran HIV/AIDS di Pasar Ciawi

jpnn.com - CIAWI - Puluhan pedagang dan pengunjung Pasar Ciawi, Kabupaten Bogor, Sabtu (1/11) dikejutkan dengan kedatangan tim penanggulangan HIV/AIDS dari UPT Puskesmas Ciawi. 

Tiba-tiba, tim ini langsung mengambil sampel darah kepada pengunjung dan pedagang untuk mengatahui apakah terjangkit virus mematikan tersebut. 

Menurut Kepala UPT Pasar Ciawi, Andri, pengambilan sampel ini diadakan berkat kerjasama dengan LSM Kampoeng Belajar serta Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor. 

“Selain pedagang dan pengunjung, tes juga dilakukan kepada pegawai UPT Pasar Ciawi. Alhamdulillah hasilnya negatif semua,” terang Andri, dilansir dari Radar Bogor (Grup JPNN).

Sementara, Kepala UPT Puskesmas Ciawi dr. Dyon Rivardin mengatakan, tes tersebut untuk mengetahui para penderita HIV/AIDS. Jika ada yang positif terjangkit virus tersebut, maka pihaknya akan langsung mengambil tindakan pencegahan. 

“Terjadinya penularan HIV dari pasangan, baik itu istri maupun suami, dan juga ke anak yang masih dalam kandungan karena ketidaktahuan sudah terjangkit virus HIV. Makanya kami selalu sarankan kepada masyarakat agar itu program pengetasan HIV ini,” paparnya. 

Dijelaskannya, penyebaran virus HIV/AIDS bisa terjadi melalui jarum suntik, transfusi darah, hubungan seks, dan ASI. (rp8/c)


CIAWI - Puluhan pedagang dan pengunjung Pasar Ciawi, Kabupaten Bogor, Sabtu (1/11) dikejutkan dengan kedatangan tim penanggulangan HIV/AIDS dari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News