JPNN.com

Dinsos Pulangkan 350 PMKS

Senin, 29 November 2010 – 17:53 WIB
Dinsos Pulangkan 350 PMKS - JPNN.com
Dinsos Pulangkan 350 PMKS
JAKARTA - Dinas Sosial DKI merealisasikan janjinya memulangkan para Penyandang Kesejahteraan Masalah Sosial (PMKS) di lima wilayah DKI yang terjaring operasi penertiban yang digelar beberapa waktu lalu. Sebanyak 350 PMKS dikirim kembali ke kampung asalnya di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Pemulangan ke daerah asal PMKS dilakukan setelah sebelumnya para PMKS diidentifikasi di sejumlah panti dan hasilnya mereka tidak memiliki keluarga di DKI, tidak memiliki tempat tinggal yang jelas di DKI serta tidak memiliki pekerjaan yang jelas.

"Pemulangan ke daerah asal merupakan salah satu komitmen Mitra Praja Utama bidang Kesejahteraan Sosial se-Jawa-Bali untuk menangani PMKS jalanan yang ada di Provinsi DKI Jakarta," ujar Kepala Dinas Sosial DKI, Kian Kelana, kemarin (28/11).

Pemulangan itu sebenarnya bukan kali yang pertama. Secara rutin setiap bulan, para PMKS yang telah diidentifikasi sesuai permasalahannya dipulangkan ke daerah asal. Dari Januari hingga Oktober sudah 250 PMKS yang dipulangkan ke daerah asalnya di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sementara pada November, sebanyak 100 PMKS dipulangkan ke Jawa Tengah sebanyak 50 PMKS dan Jawa Barat sebanyak 50 PMKS. Termasuk juga 59 PMKS yang membawa lima balita dipulangkan ke Desa Talau, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Riau untuk menjadi tenaga kerja ke perkebunan kelapa sawit.

"Mereka dipulangkan melalui jalur pemerintahan daerah DKI Jakarta totalnya 350 orang. Semua biaya pemulangan ditanggung oleh Pemprov DKI dan telah dianggarkan dalam APBD DKI 2010," terangnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ito