Diperkirakan 16.200 CJH Batal Berangkat

Rp 518 Miliar Dana Haji Bakal Mengendap

Diperkirakan 16.200 CJH Batal Berangkat
Diperkirakan 16.200 CJH Batal Berangkat
JAKARTA - Rencana pengurangan kuota jamaah haji Indonesia oleh Pemerintah Arab Saudi karena sedang ada proyek perluasan pemondokan jamaah haji harus segera ditindaklanjuti oleh pemerintah Indonesia.

Anggota Komisi VIII DPR RI, Raihan Iskandar, mengatakan pengurangan kuota ini harus disikapi pemerintah dengan melobi Pemerintah Arab Saudi membatalkan rencana pengurangan jamaah haji itu. "Atau setidaknya pemerintah meminimalisir jumlah pengurangan jamaah haji tahun ini." Kata Raihan di Jakarta, Rabu (12/6).

Politisi dari PKS menjelaskan, penentuan kuota haji Indonesia seharusnya dilakukan sesuai rasio kuota haji, yaitu 1 persen dari total jumlah penduduk. Bila itu dilakukan maka  Indonesia mendapatkan kuota sekitar 237 ribu jiwa karena jumlah penduduk Indonesia sekarang sesuai data BPS tahun 2010 sekitar 237 juta jiwa.

Hal ini juga harus diperjelas terlebih dahulu. Bila kuota yang diperoleh Indonesia jumlahnya 250 ribu, maka jamaah haji 2013 yang tercatat berjumlah 211 ribu jiwa masih dapat diperjuangkan untuk berangkat mengingat 20 persen dari 237 ribu adalah 190 ribu jiwa. Selisih 21 ribu jiwa itu masih jauh lebih sedikit dibanding angka 42 ribu jiwa yang terancam batal haji tahun ini.

JAKARTA - Rencana pengurangan kuota jamaah haji Indonesia oleh Pemerintah Arab Saudi karena sedang ada proyek perluasan pemondokan jamaah haji harus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News