Diplomat Tiongkok Ini Mendadak Beken Gegara Terlibat Baku Hantam di Dua Negara

Diplomat Tiongkok Ini Mendadak Beken Gegara Terlibat Baku Hantam di Dua Negara
Gao Lianjia juga terlibat dalam insiden penyerangan di Grand Pacific Hotel di Suva, Fiji (Supplied)

Seorang diplomat Tiongkok yang terlibat dalam bentrokan kekerasan dengan pengunjuk rasa pro-demokrasi Hong Kong di Inggris, pernah dituduh menyerang pejabat Taiwan di Fiji dua tahun lalu.

Gao Lianjia adalah satu dari empat diplomat Tiongkok yang terekam terlibat bentrokan dengan pengunjuk rasa di luar gedung konsulat Cina di kota Manchester, Inggris, bulan lalu.

ABC mendapat laporan jika Gao adalah salah satu dari dua diplomat Tiongkok yang pernah masuk pemberitaan di tahun 2020, saat mereka menyerang pejabat Taiwan di luar Grand Pacific Hotel di ibu kota Fiji, Suva.

Rincian mengenai kedua peristiwa tersebut menjadi pembicaraan ramai di Tiongkok.

Penyerangan di luar Grand Pacific Hotel Fiji terjadi 6 Oktober, saat para diplomat Taiwan menjamu para pejabat, politisi dan masyarakat Tiongkok yang merayakan hari nasional Taiwan.

Fiji tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Taiwan, tapi memiliki kantor kedutaan tidak resmi di salah satu "kantor perdagangan" di Suva.

Tiongkok berusaha meningkat usaha diplomatik untuk mengucilkan perwakilanTaiwan secara internasional.

Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan dua diplomat Tiongkok datang ke Grand Pacific Hotel tanpa diundang dan mencoba mengambil foto mereka yang hadir.

Seorang diplomat Tiongkok menjadi sorotan setelah dua kali terlibat baku hantam di Inggris dan Fiji

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News