Direktur CIA Lakukan Pertemuan Rahasia dengan Kim Jong Un

Direktur CIA Lakukan Pertemuan Rahasia dengan Kim Jong Un
Kim Jong Un menyalami anggota delegasi Korsel. Foto: KCNA

jpnn.com - Direktur CIA Mike Pompeo diam-diam sudah bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Pertemuan dilakukan selama akhir pekan Paskah.

Dalam pertemuan tersebut, mereka membahas tentang konferensi tingkat tinggi (KTT) yang juga dihadiri Presiden AS Donald Trump.

Pompeo menjadi pejabat senior AS pertama yang berkunjung ke Korea Utara sejak 2000. Sebelumnya, Madeleine Albright ketika masih menjabat sebagai menteri luar negeri pernah bertemu dengan almarhum Kim Jong-il yang merupakan ayah Kim Jong un.

Hal ini menunjukkan keinginan kuat Trump untuk menjadi satu-satunya presiden AS yang bertemu dengan pemimpin Korea Utara.

"Kunjungan itu diatur oleh kepala intelijen Korea Selatan, Suh Hoon dengan pihak Korea Utara, Kim Yong Chol. Pertemuan dimaksudkan untuk menilai apakah Kim siap untuk mengadakan pembicaraan serius," kata pejabat AS yang tidak mau disebutkan namanya dilansir dari Reuters, Rabu (18/4).

Sebelumnya, Trump mengatakan pemerintahnya sudah mengadakan pembicaraan tingkat tinggi dengan Pyongyang. Dia juga menegaskan para pejabat AS sudah mulai menjajaki pertemuan kedua pemimpin yang direncanakan sekitar akhir Mei.

Menurutnya, pertemuan bersama Kim Jong un serta dengan pemimpin Korea Selatan merupakan peluang emas. Hal ini guna membahas perjanjian damai permanen untuk secara resmi mengakhiri perang Korea yang pecah pada 1950-an.

“Saya benar-benar percaya ada banyak niat baik, banyak hal baik yang terjadi,” kata Trump.

Direktur CIA Mike Pompeo diam-diam sudah bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Pertemuan dilakukan selama akhir pekan Paskah.

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News