Dirjen Bina Pemdes: Belanja Desa yang Berkualitas untuk Tingkatkan PADes

Dirjen Bina Pemdes: Belanja Desa yang Berkualitas untuk Tingkatkan PADes
Dirjen Bina Pemdes Eko Prasetyanto (tengah) di acara penyusunan draft modul Training of Trainer (ToT) dan Training of Master Trainer (ToMT) aplikasi Siskeudes, di Jakarta, Senin (19/6). Foto: Humas Ditjen Bina Pemdes

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Bina Pemdes Kemendagri) Eko Prasetyanto Purnomo Putro menekankan pentingnya belanja desa yang berkualitas.

Eko Prasetyanto mengatakan, dengan belanja desa yang berkualitas diharapkan Pendapatan Asli Desa (PADes) bisa meningkat.

"Seperti yang Bapak Presiden katakan bagaimana supaya belanja yang berkualitas, belanja produktif, dan belanja yang berguna. Saya berharap program P3PD ini betul-betul bermanfaat buat desa," ujar Dirjen Bina Pemdes Eko Prasetyanto mengungkapkan saat membuka acara pembukaan penyusunan draft modul Training of Trainer (ToT) dan Training of Master Trainer (ToMT) aplikasi Siskeudes, di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (19/06).

Kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD).

Dalam kesempatan itu, Eko meminta supaya ada pemantauan tersendiri terkait persoalan PADes.

Pemerintah telah menggelontorkan dana desa sebesar Rp 70 triliun pada 2023, namun PADes yang dihasilkan baru Rp 2,6 triliun. "Ini jauh dari harapan kita," katanya.

Eko mengatakan, perlu adanya modul yang mengandung mindset tentang peningkatan PADes. Perlu ditanamkan nilai-nilai bahwa setelah kepala desa menyelesaikan jabatannya selama 6 tahun harus ada yang diwariskan pada anak cucu di desa tersebut.

Warisan tersebut bisa berupa aset desa, potensi desa, PADes. "Bagaimana mindset ini bisa ditumbuh kembangkan melalui modul," kata Eko.

Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Eko Prasetyanto Purnomo Putro menekankan pentingnya belanja desa yang berkualitas untuk meningkatkan PADes.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News