Dirjen Darat Tinjau Kesiapan Jembatan Timbang,Hasilnya?

Dirjen Darat Tinjau Kesiapan Jembatan Timbang,Hasilnya?
Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto saat meninjau kesiapan Jembatan Timbang di Tuban, Jawa Timur, Jumat (3/3). Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com - jpnn.com - Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto menyaksikan langsung simulasi penimbangan angkutan barang di Jembatan Timbang Widang, Tuban, Jawa Timur, Jumat (3/3).

Simulasi ini dilakukan untuk memastikan kesiapan perlengkapan sarana dan prasarana jembatan timbang Widang.

Saat truk melintasi di jembatan timbang, proses penimbangan digital dan hasilnya langsung tertera pada layar monitor.

Di layar tersebut tertera tulisan kapasitas angkut, kelebihan angkut, dan terakhir kesimpulan apakah truk melebihi kapasitas atau tidak.

“Tadi bisa dilihat sendiri tiga truk angkutan barang yang mengikuti simulasi, semuanya mengangkut melebihi kapasitas. Dan kebanyakan saya rasa memang bawa melebihi kapasitas,” kata Pudji.

Karena itu ke depan dia berharap tidak ada lagi kelebihan muatan angkutan truk.

Tujuannya agar meminimalisir angka kecelakaan serta mengurangi kerusakan jalan akibat beban berlebih yang dibawa truk pengangkut barang.

“Nanti kami akan sosialisasikan kepada pengusaha agar tertib mulai dari hulunya, sehingga tidak lagi ada yang berkelebihan muatan karena ini bisa membahayakan keselamatan,” tandas Pudji.(chi/jpnn)

Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto menyaksikan langsung simulasi penimbangan angkutan barang di Jembatan Timbang Widang, Tuban, Jawa Timur,


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News