Dirjen GTK Nunuk Optimistis Sisa P1 Dituntaskan, Semua Diangkat ASN PPPK, Alhamdulillah

Dirjen GTK Nunuk Optimistis Sisa P1 Dituntaskan, Semua Diangkat ASN PPPK, Alhamdulillah
Dirjen GTK Nunuk Suryani dalam coffee morning Ditjen GTK Kemendikbudristek bersama Fortadik di Jakarta, Kamis (21/9). Foto: dok. Fortadik

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Dirjen GTK Kemendikbudristek) Nunuk Suryani optimistis seluruh prioritas satu (P1) akan diangkat menjadi ASN PPPK.

Walaupun tidak semua P1 diangkat tahun ini, Kemendikbudristek konsisten menuntaskan P1 yang merupakan guru lulus passing grade (PG) hasil seleksi PPPK 2021, tetapi tidak mendapatkan formasi.

"Saya optimistis tahun depan P1 akan dituntaskan, apalagi jumlahnya tinggal 12 ribuan. Setelah itu, sistem rekrutmen guru ASN melalui jalur PPG sebagai ketentuan dalam perundang-undangan," terang Dirjen Nunuk Dirjen Nunuk dalam acara Coffee Morning Ditjen GTK Kemendikbudristek bersama Forum Wartawan Pendidikan Kebudayaan (Fortadik) di Jakarta, Kamis (21/9).

Prof Nunuk menegaskan pemerintah serius menyelesaikan guru lulus PG (P1) ini.

Hal itu dibuktikan dengan mekanisme pengisian kebutuhan formasi guru menempatkan P1 di urutan pertama.

Lantas bagaimana dengan P1 yang meninggal atau memilih berkarier di jalur lain, padahal dapat penempatan, Nunuk memastikan formasinya tetap diisi oleh pelamar prioritas.

Namun, untuk teknis pengisiannya akan diatur oleh Kemendikbudristek berkoordinasi dengan Panselnas.

"Formasinya tidak hangus ya, tetapi digantikan oleh P1 lainnya. Bagaimana mekanismenya, tunggu saja. Sebaiknya guru honorer fokus dahulu pada pendaftaran di SSCASN BKN," tegas profesor pendidikan ini.

Dirjen GTK Nunuk Suryani optimistis sisa P1 dituntaskan dan semua diangkat ASN PPPK, tetapi tidak semuanya tanpa passing grade.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News