Dirjen PAS Klaim Kondisi Lapas Langkat Sudah Kondusif

Dirjen PAS Klaim Kondisi Lapas Langkat Sudah Kondusif
Napi yang kabur dari Lapas Hinai, Langkat, ditangkap kembali. Foto: pojoksatu

jpnn.com, JAKARTA - Belum reda dampak kerusuhan disertai pembakaran di Rumah Tahanan (Rutan) Siak, Riau pekan lalu, peristiwa yang sama kembali terjadi Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Langkat pada Kamis (16/5).

Kerusuhan itu berawal aksi pembakaran dan mengakibat 500 napi kabur. Kini kondisi itu diklaim sudah kondusif oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS).

"Warga binaan yang sempat berada di luar lapas, saat ini telah kembali ke kamar hunian masing-masing,” ungkap Dirjen PAS Sri Puguh Budi Utami dalam keterangan yang diterima JPNN.com.

BACA JUGA : Rusuh di Lapas Narkotika Langkat, Ratusan Narapidana Melarikan Diri

Utami telah telah melakukan komunikasi melalui video call dengan warga binaan Lapas Langkat yang antusias bergantian meneriakkan aspirasinya.

“Kalian tenang, saya akan datang ke sana besok. Saya akan mendengarkan keluhan kalian. Saya minta kalian tenang, tertib dan kembali ke blok masing-masing, ” kata Utami kepada warga binaan yang riuh rendah berteriak melalui ponselnya.

BACA JUGA : Pengakuan Seorang Napi Terkait Kerusuhan di Lapas Narkotika Langkat

Melalui arahan jajaran Kanwil Sumatera Utara yaitu oleh Kepala Divisi Administrasi, Kepala Divisi Imigrasi, TNI, kepolisian dan petugas PAS, warga binaan secara sukarela tertib kembali ke kamar masing-masing.

Rusuh di Lapas Langkat mulai terjadi saat polisi sedang melakukan pemeriksaan terhadap narapidana yang terlibat peredaran narkoba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News