Dirjen PAS Tegaskan Komitmen Dukung Upaya Perangi Narkoba

Dirjen PAS Tegaskan Komitmen Dukung Upaya Perangi Narkoba
Dirjenpas Reynhard Silitonga saat melakukan pemusnashan sabi-sabu. Foto: Dok Humas Ditjen PAS

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Reynhard Silitonga menyatakan bahwa pihaknya selalu siap mendukung upaya bangsa dalam memerangi peredaran gelap narkoba.

Sebab, hal ini sesuai dengan Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju, yaitu deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, pemberantasan peredaran narkoba di Lembaga Pemasyarakatan, dan Rumah Tahanan Negara, serta sinergi dengan Aparat Penegak Hukum (APH).

Penegasan ini disampaikan Dirjen PAS saat menghadiri pemusnahan 3,629 ton barang bukti narkotika jenis metamfetamin (sabu), Selasa (13/7).

Pemusnahan barang terlarang hasil pengungkapan tim gabungan Polri tersebut digelar di Lapangan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian, Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri dengan menghadirkan 7 dari 23 tersangka.

“Semoga sinergi antara Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Polri, dan penegak hukum lainnya dapat terus terjalin dengan baik sebagai komitmen bersama untuk memberantas narkoba,” kata Reynhard dalam siaran persnya.

Sebagai bentuk sinergi penegek hukum, pemusnahan barang bukti narkotika ini dihadiri Kabareskrim Polri, Kepala BNN, Kapolda Riau, Wakapolda Metro Jaya, Dirjen Bea dan Cukai, Jampidum, Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri, Kadiv Humas Polri, dan Kepala Satuan Tugas Khusus Merah Putih.

Barang bukti yang dimusnahkan merupakan sitaan dari tiga operasi penggagalan berbeda. Pertama, operasi penggagalan 1,3 ton sabu-sabu oleh Ditresnaskoba Bareskrim Polri dengan pelaku jaringan Timur Tengah-Indonesia. Pada operasi tersebut, berhasil diamankan 7 tersangka sindikat Aceh-Jakarta-Makassar.

Selanjutnya, operasi penggagalan 1,2 ton sabu-sabu oleh Satuan Tugas Khusus Merah Putih dengan pelaku jaringan Timur Tengah-Indonesia. Dari operasi tersebut diamankan 10 tersangka sindikat Aceh-Jakarta.

Dirjen PAS menyatakan selalu siap mendukung upaya bangsa dalam memerangi peredaran gelap narkoba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News