Dirjen PSP Kementan Pastikan Distribusi Air Merata saat Kemarau

Dirjen PSP Kementan Pastikan Distribusi Air Merata saat Kemarau
Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian Sarwo Edhy (jongkok tengah). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menghadapi musim kemarau, Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan perhatian khusus terhadap wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami dampak kekeringan sehingga mengancam lahan pertanian produktif.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah memastikan distribusi air tetap merata dan bisa dinikmati oleh para petani.

Untuk wilayah Cirebon, Jawa Barat, Dirjen PSP Sarwo Edhy mengunjungi kawasan yang berpotensi mengalami dampak kekeringan, yaitu Desa Pegagan Lor, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon. Sarwo didampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Camat Kapetakan, Danramil Kapetakan, Kapolsek, dan Kepala Desa Pegagan Lor.

BACA JUGA: Genjot Panen Petani Lebak, Ditjen PSP Kementan Agresif Bangun Embung

"Seperti yang kita lihat bersama, masyarakat sudah mempunyai inisiatif dengan difasilitasi Kementerian Pertanian, sesuai dengan arahan menteri pertanian bahwa kita harus tanggap terhadap masalah yang terjadi di lapangan," ujarnya.

Menurutnya, di sini sudah ada ada program pompanisasi dan pipanisasi untuk mengalirkan air dari jaringan primer.

"Alhamdulillah, program pipanisasi dan pompanisasi bisa menyelamatkan 1.500 hektare yang berpotensi kekeringan," kata Sarwo.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Ali Efendi mengapresiasi kunjungan Dirjen PSP.

Menghadapi musim kemarau, Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan perhatian khusus terhadap wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami dampak kekeringan sehingga mengancam lahan pertanian produkt

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News