Dirjen Udara Kembangkan Bandara DC Saudale di Rote

Dirjen Udara Kembangkan Bandara DC Saudale di Rote
Bandara. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, KUPANG - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara sudah membangun dan mengembangkan beberapa bandara perbatasan di antaranya Bandara DC Saudale di Rote.

Selain itu, Ditjen Perhubungan Udara juga telah membangun infrastruktur 15 bandara baru dan membuat konektifitas baru antar wilayah dengan membuka 85 rute penerbangan baru sepanjang 2017.

Menurut Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso, pembangunan Bandara DC Saundale ini untuk lebih mengembangkan perekonomian di pulau paling selatan di Indonesia.

“Selain itu, sebagai pulau paling selatan terluar dari Indonesia, posisi pulau Rote sangat strategis dari sisi pertahanan - keamanan dan kemanusiaan. Dengan adanya transportasi udara yang cepat, selamat, aman dan nyaman, kami juga bisa ikut menjaga pertahanan dan keamanan negara dan membantu dari sisi kemanusiaan bagi warga di Pulau Rote dan sekitarnya,” ujar Agus.

Dimensi Bandara DC Saudale Rote saat ini mempunyai panjang landas pacu adalah 1.650 m x 30 m, taxiway 75 m x 17 m dan apron berukuran 120 m x 85 m. Selain itu bandara tersebut juga dilengkapi dengan terminal penumpang seluas 1.170 meter persegi dan gedung operasional yang terdiri dari gedung perkantoran, gedung navigasi penerbangan NDB, gedung workshop, menara ATC, gedung PKP-PK dan gedung PH.

Dengan fasilitas-fasilitas di Bandara DC Saundale tersebut kata Agus, cukup bagi operasional penerbangandan membantu pergerakan dari dan ke bandara Rote dengan penerbangan dua kali sehari.

Pesawat yang bisa beroperasi yakni sekelas ATR 72- 500/ 600 dengan kapasitas angkut 72 seat. Selama ini, selain moda udara juga masih ada moda lain lagi yaitu kapal cepat dengan kapasitas 250 penumpang berangkat 2 kali sehari dengan rute Rote- Kupang-Rote.

Saat ini Bandara DC Saundale sudah melayani penerbangan dari maskapai Wings Air dengan rute Rote-Kupang pp dengan menggunakan pesawat ATR 72-600.

Pembangunan Bandara DC Saundale ini untuk lebih mengembangkan perekonomian di pulau paling selatan di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News