Dirjen Vokasi Menghibahkan Pesawat Terbang Berawak 2 Karya Insinyur Kemal Singgih

Dirjen Vokasi Menghibahkan Pesawat Terbang Berawak 2 Karya Insinyur Kemal Singgih
Dirjen Wikan Sakarinto (batik coklat), Heri Rudiyanto (baju putih), Ibu Kemal Singgih (baju hijau) beserta para putra dan menantunya saat menghibahkan pesawat KR-02. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto secara resmi menghibahkan sebuah pesawat terbang berawak dua, yaitu KR-02 kepada SMK Muhammadiyah 2 Salam. 

Pesawat terbang ini dirancang dan dibangun almarhum Ir. Kemal Singgih.

"Itu pesawat hasil karya ayah saya (Ir. Kemal Singgih) dan teman beliau, Bapak Heri Rudiyanto, pebisnis yang hobi olahraga dirgantara," ujar Dirjen Wikan saat kunjungan kerjanya ke SMK Muhammadiyah 2 Salam, Magelang, Jawa Tengah (31/1).

Heri Rudiyanto dikenal sebagai pilot atau atlet terbang layang yang sempat meraih medali perunggu dan perak dalam berbagai ajang PON. 

Berapa waktu lalu, Heri juga menghibahkan pesawat lain dengan jenis sama ke SMK di Medan, Sumatra Utara.

Dirjen Wikan menjelaskan KR-02 telah dimanfaatkan oleh SMK Muhammadiyah 2 Salam untuk melatih para siswanya sebagai calon teknisi pesawat terbang.

Adapun spesifikasi mesinnya, yakni menggunakan mesin VW dengan konstruksi bodi pesawat dari kayu yang sudah diolah khusus dipadukan logam ringan maupun fiber. 

Selain itu, instrumen pesawat juga terbilang lengkap dari pengukur ketinggian terbang, speedometer, tortle dan lain-lain sehingga memenuhi spesifikasi yang layak terbang.

Dirjen Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto menghibahkan pesawat terbang berawak 2 yang merupakan karya Insinyur Kemal Singgih, ayahanda dirjen Vokasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News