Lihat, Pesawat Tempur F-16 TNI AU Terbang di Atas Selat Malaka dan Karimata

Lihat, Pesawat Tempur F-16 TNI AU Terbang di Atas Selat Malaka dan Karimata
Pesawat tempur F-16 yang bermarkas di Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Patroli di Selat Malaka dan Karimata. Foto: Antara/HO- Humas Lanud Roesmin Nurjadin

jpnn.com, PEKANBARU - Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro SE mengatakan, pesawat tempur F-16 yang bermarkas di Skuadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, menggelar patroli udara di Selat Malaka dan Selat Karimata.

Patroli digelar untuk memantau kondisi pulau-pulau terluar di Indonesia

"Operasi patroli udara untuk pengamanan dan pemantauan kondisi terkini pulau-pulau terluar wilayah Indonesia barat, di antaranya Pulau Berhala, Pulau Batu Mandi, dan Pulau Rupat, Provinsi Riau," kata Marsma TNI Andi Kustoro SE dalam keterangannya di Pekanbaru, Sabtu (31/7).

Dia mengatakan, berdasarkan pantauan diketahui kondisi pulau terluar di Selat Malaka dan Karimata masih aman.

Sejauh ini belum ditemukan pelanggaran wilayah dan potensi ancaman di udara dan permukaan.

Andi menyebutkan seluruh anggota Skuadron Udara 16, yakni penerbang dan "ground crew" untuk mempersiapkan pelaksanaan operasi dengan sepenuh hati agar hasil yang dicapai lebih maksimal.

"Meski operasi dilakukan pada masa pandemi, diharapkan para prajurit Skuadron Udara 16, terutama untuk para penerbang dminta tetap semangat demi Indonesia tercinta," katanya.

Operasi Patroli Udara dengan Sandi Operasi Lintas Rajawali-21 dilaksanakan secara terjadwal sepanjang tahun di bawah kendali Komando Operasi TNI AU I sesuai dengan tatanan tugas dan tanggung jawab TNI AU.

Pesawat Tempur F-16 TNI AU menggelar patroli udara di Selat Malaka dan Selat Karimata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News