Disdukcapil Landak Terima Penghargaan Inovasi, Begini Reaksi Bupati Karolin

Disdukcapil Landak Terima Penghargaan Inovasi, Begini Reaksi Bupati Karolin
Bupati Landak Karolin Margret Natasa. Foto: Dokpri

jpnn.com, LANDAK - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Landak menerima piagam penghargaan dalam kegiatan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2020 dari Gubernur Kalimantan Barat.

Melalui inovasi pelayanan berupa Sistem Manager Harian (SIMAHAR) tersebut menandakan keseriusan Disdukcapil Kabupaten Landak dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat di Kabupaten Landak.

Saat dikonfirmasi terkait adanya SIMAHAR ini, Kepala Disdukcapil Alessius Asnanda menjelaskan bahwa pihaknya sengaja membuat inovasi ini dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat yang membutuhkan bantuan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk).

"Piagam dari Gubernur ini merupakan penghargaan bagi instansi yang mengikuti lomba inovasi pelayanan publik pada November 2020 lalu. Jauh sebelum ini kita sudah memiliki filosofi pelayanan yang cepat, tepat, ramah dan mudah bagi masyarakat. Kemudian dari semua itu kita kemas dalam bentuk sistem layanan dengan harapan pelayanan publik di kantor kita makin baik," ucap Alessius, Kamis (10/03/21).

Alessius juga berharap dengan adanya SIMAHAR ini masyarakat mendapat layanan administrasi kependudukan yang lebih baik dengan memberikan pelayanan yang prima.

“Kami sudah memiliki delapan loket pelayanan dengan masing-masing layanan tersendiri, dengan adanya sistem manajer harian ini Kita berharap semua masyarakat terbantu,” ujar Alessius.

Adapun manajer yang bertanggung jawab di sini adalah pejabat eselon III atau minimal eselon IV, Pejabat ini mengarahkan semua staf yang bertugas untuk memberikan pelayanan prima berupa membantu warga yang kesulitan dalam mengurus adminduk dan sosialisasi.

Di tempat terpisah, Bupati Landak Karolin Margret Natasa memaparkan kini layanan adminduk sudah dilaksanakan secara online dengan tujuan untuk menekan biaya dalam proses mendapatkan adminitrasi kependudukan.

Disdukcapil Kabupaten Landak menerima piagam penghargaan dalam kegiatan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2020 dari Gubernur Kalimantan Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News