Disebut Paling Informatif, Kementan Kembali Raih Penghargaan dari KIP

Disebut Paling Informatif, Kementan Kembali Raih Penghargaan dari KIP
Kementan kembali mendapatkan penghargaan peringkat satu dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dari Komisi Informasi Pusat (KIP). Foto: Kementan

jpnn.com, SERPONG - Kementerian Pertanian (Kementan) kembali mendapatkan penghargaan peringkat satu dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dari Komisi Informasi Pusat (KIP) sebagai Badan Publik Informatif kategori Kementerian.

Sebelumnya, Kementan sendiri telah mendapatkan penghargaan di ajang yang sama pada selama 3 tahun berturut-turut pada 2020 dan 2022.

Menteri Kooordinator Politik, Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi Keterbukaan Informasi Publik 2022 menunjukkan kenaikan yang signifikan dengan hasil banyaknya Badan Publik yang masuk dalam kualifikasi Informatif sebanyak 122 Badan Publik dari 372 atau 32,79%.

Menurut dia, angka itu menunjukkan terlampauinya target RPJMN 2022 yang berjumlah 98 Badan Publik yang masuk dalam kualifikasi informatif .

"Saya mengucapkan selamat kepada Badan Publik yang menunjukkan kemampuannya dalam menjalankan dan memenuhi amanat Undang-Undang KIP, sehingga memperoleh anugerah Keterbukaan Informasi Publik sebagai badan publik informatif,"ucap Mahfud pada acara “Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2022” yang diselenggarakan di Serpong, Tangerang, Rabu (14/12).

Ketetapan yang diberikan KIP kepada Kementan diperoleh melalui serangkaian proses penelitian panjang sekaligus monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik 2022.

Seluruh proses sudah dilaksanakan sejak Agustus hingga penghujung tahun 2022.

Hasilnya, Kementan menepati posisi pertama dengan nilai yang cukup tinggi, yakni sebesar 99,70.

Kementan kembali mendapatkan penghargaan peringkat satu dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dari Komisi Informasi Pusat (KIP)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News