Disediakan Rp20 T untuk Modal Usaha Kecil

Disediakan Rp20 T untuk Modal Usaha Kecil
Disediakan Rp20 T untuk Modal Usaha Kecil
JAKARTA– Pemerintah merancang pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga 7 persen, penurunan pengangguran 5-6 persen, dan menurunkan kemiskinan dari 14 persen berkurang menjadi 8-10 persen.

Untuk menunjang rencana itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan menyiapkan dana segar sebesar Rp20 triliun untuk penguatan modal usaha kecil rakyat. 

"Sasaran 2014 tentu tidak datang dari langit. Ekonomi harus berhasil, tentu saja perlu modal dan investasi. Siapa yang berinvestasi? Tentu kita utamakan investor dari dalam negeri sendiri, bisa pemerintah dari belanja modal, tapi tidak banyak. Dari lebih Rp1.009,5 triliun dalam APBN, paling 10-15 persen,” kata SBY, Kamis (29/10).

Hanya saja, lanjut SBY, melihat nilai investasi untuk pembangunan Indonesia sangat besar, yakni mencapai Rp2100 triliun setiap tahun, tentu dibutuhkan investasi swasta dalam dan luar negeri. "Pertanyaan lain muncul, apakah sahabat-sahabat kita investor dari Timur Tengah dan Tiongkok mau begitu saja berinvestasi? Tentu ada yang perlu dijamin, stabilitas politik, keamanan terjamin, infrastruktur, kepastian hukum, kebijakan ekonomi, peraturan daerah, dan perizinan," papar dia.

JAKARTA– Pemerintah merancang pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga 7 persen, penurunan pengangguran 5-6 persen, dan menurunkan kemiskinan dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News