Disiapkan Rp500 Miliar untuk Atasi Lonjakan Harga Pangan

Disiapkan Rp500 Miliar untuk Atasi Lonjakan Harga Pangan
Disiapkan Rp500 Miliar untuk Atasi Lonjakan Harga Pangan
JAKARTA — Perubahan iklim ekstrim yang melanda hampir seluruh negara di dunia, membuat Pemerintah Indonesia harus bertindak. Kekhawatiran yang muncul adalah bakal melonjaknya harga pangan dunia karena cuaca ekstrim dan seringnya datang bencana akhir-akhir ini.

Untuk antisipasi terjadinya lonjakan harga pangan dunia, pemerintah menyiapkan anggaran khusus untuk adaptasi dan migitasi perubahan iklim. Menteri Keuangan Agus Martowardojo dalam rapat paripurna di DPR RI, Selasa (26/10) mengatakan bahwa sudah disiapkan anggaran Rp500 miliar untuk mengantisipasi dampak buruk yang mungkin timbul akibat ketidakpastian musim dan perubahan iklim global.

"Pemerintah dan DPR sudah sepakat untuk mengalokasikan anggaran untuk program adaptasi dan mitigasi perubahan iklim ini. Serta untuk cadangan stabilisasi harga pangan untuk mengantisipasi melonjaknya harga pangan akibat turunnya produksi pangan," kata Agus.

Sebelumnya, Menteri koordinator bidang perekonomian, Hatta Rajasa juga mengungkapkan perlunya antisipasi perubahan iklim. Hatta mengatakan, stok beras nasional dipastikan aman hingga awal 2011. Namun demikian, pemerintah merasa perlu mengamankan cadangan beras sedari sekarang.

JAKARTA — Perubahan iklim ekstrim yang melanda hampir seluruh negara di dunia, membuat Pemerintah Indonesia harus bertindak. Kekhawatiran yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News