Disidang, Walkot Manado Murah Senyum

Disidang, Walkot Manado Murah Senyum
Disidang, Walkot Manado Murah Senyum
JAKARTA—Ini cerita ringan dari pengadilan tindak pidana korupsi (tipikor), Jakarta. Sidang perkara korupsi APBD Manado Tahun 2006-2007 dijadwalkan mulai digelar Senin (1/6) pagi hari. Namun, baru dilaksanakan siang hari sekitar pukul 13.30 WIB. Kesuntukan di saat menunggu begitu cair lantaran ucapan-ucapan Ketua Majelis Hakim Teguh Heriyanto yang selama persidangan banyak memberikan joke-joke segar. Suasana jalannya sidang menjadi rileks. Misalnya saja, saat ada saksi yang memberikan keterangan mengenai penyerahan uang di rumah dinas Wali Kota Manado. Saksi memberikan keterangan berbelit-belit, misal mengaku tidak jelas penglihatannya karena saat itu sudah petang. Teguh dengan enteng menimpali keterangan itu sembari tertawa. "Masak rumah dinas tidak ada lampunya," ujarnya disambut tawa hadirin.

Terdakwa Wali Kota Manado non aktif Jimmy Rimba Rogi alias Imba yang sudah hadir di PN Tipikor sejak pukul 09.45 WIB, terbawa suasana. Dia pun kelihatan santai, bahkan kerap mengumbar senyum. Pengunjung sidang pun ikut berkomentar. "Boleh juga ini pak hakim, biar telat mulai sidangnya, tapi mampu bikin mata melek lagi," celoteh salah satu simpatisan Imba yang mengikuti persidangan.

Para saksi pun terlihat enjoy saat memberikan keterangan. Sebut saja Joice Rumengan, Alvons Tilaar, dan Jemmy Kowaas. Ketiga PNS di Pemkot Manado ini terlihat lancar dan tampak tanpa beban saat memberikan keterangan. Hanya saksi Henny Karundeng yang merupakan staf bendahara sekretariat sedikit tegang.

Penampilan Jemmy dan Alvons yang dulunya masing-masing sebagai Kadis Ketertiban Umum (Tibum) serta Bendahara Dinas Tibum mampu menyita perhatian pengunjung. Keduanya memberikan jawaban tegas tapi banyak cengar-cengir.

JAKARTA—Ini cerita ringan dari pengadilan tindak pidana korupsi (tipikor), Jakarta. Sidang perkara korupsi APBD Manado Tahun 2006-2007 dijadwalkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News