Diskusi Teras LPPM ATVI: Tingkatkan Rasa Kebangsaan dengan Ciptakan Pasar

Diskusi Teras LPPM ATVI: Tingkatkan Rasa Kebangsaan dengan Ciptakan Pasar
Dosen Akademi Televisi Indonesia Dewi Yudho Miranti ketika berbicara dalam acara Teras LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ) ATVI, Kamis malam (17/3/2022). Foto: Dok. ATVI

jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat yang tinggal di wilayah-wilayah terdepan negara Indonesia harus terus diupayakan untuk mendapatkan akses transportasi dan logistik yang baik melalui pembangunan infrastruktur agar tercipta pasar.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah infrastruktur jaringan internet untuk mempermudah akses informasi.

“Sepanjang pengalaman saya keliling ke berbagai wilayah terdepan, mobilitas dan interaksi masyarakat lebih banyak ke negara tetangga. Mungkin karena akses yang lebih muda,” ujar dosen Akademi Televisi Indonesia Dewi Yudho Miranti ketika berbicara dalam acara Teras LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ) ATVI, Kamis malam (17/3/2022).

Dalam acara bertema “Merajut Cinta Bangsa di Ujung Indonesia” yang dipandu Ir. Adrian Ingratubun yang juga dosen ATVI ini dan ditayangkan di Youtube Teras LPPM ATVI ini, juga didukung oleh dua penerbit besar, Matapadi Yogya dan Prenada Jakarta yang memberi hadiah buku untuk penanya terbaik.

Selain itu dukungan diberikan Mastepdia.com dan Taman Bacaan Bukit Duri Bercerita.

Dewi Yudho menekankan pentingnya penciptaan pasar di wilayah terdepan, sehingga ekonomi masyarakat bergerak dan perubahan terjadi.

“Saya kira Pemerintah dan pihak terkait memang mesti memprioritaskan soal ini,” katanya.

Menjawab pertanyaan peserta, mengenai lunturnya rasa atau nilai kebangsaan di kalangan milenial, Dewi Yudho mengatakan jika melihat kondisi saat ini memang kita cukup khawatir.

Masyarakat yang tinggal di wilayah-wilayah terdepan negara Indonesia harus terus diupayakan untuk mendapatkan akses transportasi dan logistik yang baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News