Dismatal Sukses Memodernisasi Tiga Kapal Perang TNI AL

Dismatal Sukses Memodernisasi Tiga Kapal Perang TNI AL
Asisten Logistik Kasal Laksamana Muda TNI Mulyadi meninjau ke KRI hasil Hardepo yang sedang sandar di dermaga Kompleks Satuan Koarmabar I Pondok Dayung, Jakarta Utara. Foto: Dispen Koarmabar

jpnn.com, JAKARTA - Setelah sukses melaksanakan modernisasi, perbaikan dan pemeliharaan menyeluruh tingkat depo (Hardepo), Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Dismatal) Laksamana Pertama TNI Aziz Ikhsan Bachtiar menyerahkan tiga Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) kepada Asisten Logistik (Aslog) Pangarmabar Kolonel Laut (T) Budi Sulistyo. Ketiga KRI di jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) itu adalah KRI Cut Nyak Dien-375, KRI Teluk Cirebon-543 dan KRI Siribua-859.

Perbaikan ketiga KRI tersebut meliputi pemeliharaan, sistem pendorongan, sistem Bakap dan sistem bantu kapal. Hasil dari perbaikan dan modernisasi terhadap KRI Cut Nyak Dien-375 meliputi kecepatan maksimum, yang sebelumnya memiliki kecepatan 10,5 knot setelah hardepo kecepatannya meningkat menjadi 19 knot.

“Untuk KRI Teluk Cirebon-543 kecepatannya meningkat dari 11,7 knot menjadi 13,5 knot, sedangkan KRI Siribua-859 kecepatannya meningkat dari 9,2 knot menjadi 16,7 knot,” kata Kepala Dinas Penerangan Koarmabar, Letkol Laut (P) Agung Nugroho dalam keterangan pernsya diterima Kamis (28/12).

Dalam kesempatan tersebut, Kadismatal LaksmaTNI Aziz Ikhsan Bachtiar berharap dengan selesainya perbaikan ini dapat memelihara dan meningkatkan kondisi teknis terutama platform, sehingga tiga KRI ini mampu memikul beban tanggung jawab sebagai wahana prajurit matra laut dalam menjaga kedaulatan negara di laut sampai beberapa tahun ke depan selama daur hidupnya.

Lebih lanjut, dia menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama dan dukungan seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan hardepo, sehingga pelaksanaan perbaikan berjalan dengan aman dan sesuai jadwal yang telah direncanakan. Dengan begitu memungkinakn ketiga KRI dapat diserahkan kepada Koarmabar untuk selanjutnya dioperasikan kembali.

Seusai penyerahan KRI dilanjutkan dengan peninjauan yang dipimpin oleh Aslog Kasal Laksamana Muda TNI Mulyadi ke KRI hasil Hardepo yang sedang sandar di dermaga Kompleks Satuan Koarmabar I Pondok Dayung, Jakarta Utara.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Dansatkorarmabar Kolonel Laut (P) Didong Rio Duta, Dansatfibarmabar Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo, Kadisharkaparmabar Kolonel Laut (T) Defit Martanto Eko P, dan Kadismatbekarmabar Kolonel Laut (T) Fernando Situmeang.(fri/jpnn)


Hasil dari perbaikan dan modernisasi terhadap tiga KRI meliputi peningkatan kecepatan, misalnya dari sebelumnya kecepatan hanya 10,5 knot menjadi 19 knot.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News