Distribusi Sapi Segera Pakai Kapal dan Kereta Api

Distribusi Sapi Segera Pakai Kapal dan Kereta Api
Distribusi Sapi Segera Pakai Kapal dan Kereta Api
JAKARTA - Meski saat ini impor daging sapi masih tinggi, Kementerian Pertanian (Kementan) yakin swasembada daging di tahun 2014 bakal tercapai. Hal itu diyakini berdasarkan data populasi sapi dari tahun ke tahun yang selalu meningkat.

"Kita (Kementan) masih yakin swasembada bisa tercapai bila mendapatkan dukungan dari segala instansi, baik pemerintah maupun masyarakat lainnya. Tahun 2011 jumlah sapi sebanyak 15,421 ekor dan di tahun 2012 meningkat menjadi 16.656 ekor sapi," ujar Dirjen Peternakan Kementerian Pertanian, Syukur Iwantoro saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi IV DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/2).

Untuk itu pihaknya akan terus meningkatkan populasi sapi dan menekan impor hingga 10 persen. Upaya peningkatan sapi lokal tersebut, kata Syukur akan dilakukan seperti penerapan pembibitan ternak yang baik dalam dua tahun sebesar 0,50 persen, dari 3,50 persen menjadi 4 persen dan mempertahankan kelembagaan perbibitan.

"Lalu penguatan sistem kesehatan hewan nasional dalam menurunkan tingkat kesakitan dan meningkatkan kinerja RPH (Rumah Pemotongan Hewan)," jelasnya.

JAKARTA - Meski saat ini impor daging sapi masih tinggi, Kementerian Pertanian (Kementan) yakin swasembada daging di tahun 2014 bakal tercapai. Hal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News