Ditantang Baca Alquran, Kubu Prabowo - Sandi Usul Ini

Ditantang Baca Alquran, Kubu Prabowo - Sandi Usul Ini
Prabowo - Sandiaga dan Jokowi - Ma'ruf tertawa bareng. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto - Sandiaga Uno menanggapi soal adanya tantangan tes membaca Alquran bagi capres dan cawapres oleh Ikatan Dai Aceh.

Menurut juru debat BPN Prabowo - Sandi, Sodik Mudjahid, tes tersebut memang bagus. Namun, lebih bagus lagi untuk memahami isi dari Alquran.

"Sangat dan lebih penting adalah pemahaman isinya dan bagaimana mengamalkanya secara demokratis dan konstitusional di NKRI berdasar Pancasila dan UUD 45," kata Sodik Mudjahid kepada wartawan, Minggu (30/12).

Dia menyebutkan, prinsip pemahaman akan isi lebih penting ketimbang hanya mampu membacanya.

Kemudian, dia membandingkan hal ini dengan seleksi ketua PSSI yang tidak diwajibkan jago main bola, namun lebih kepada manajemen kepemimpinannya.

"Seperti tes calon ketua umum PSSI. Apakah dilakukan tes cara menendang bola, cara setop bola dan cara drible bola? Tidak kan? Tapi visi misi dan programnya dalam memajukan sepak bola," jelas dia.

Sodik menegaskan, pemahaman Alquran dan kitab-kitab suci lain adalah hal penting bagi syarat seorang pemimpin. Sementara untuk kemampuan membaca tidak patut tidak untuk diuji, tetapi lebih pada nilai plus masing-masing pemimpin.

"Amati dan cermati pemahamannya terhadap Alquran, tidak melalui tes khusus karena bisa tampak dalam debat, tapi dalam pidato dan ungkapan pendapat dan pikirannya selama ini," tandas dia. (cuy/jpnn)


Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo - Sandiaga menanggapi soal adanya tantangan tes membaca Alquran bagi capres dan cawapres oleh Ikatan Dai Aceh.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News