Ditelantarkan, Imigran Gelap Mati Lemas di Dalam Kontainer

Ditelantarkan, Imigran Gelap Mati Lemas di Dalam Kontainer
Truk kontainer berisi imigran gelap. Foto: Foxnews

jpnn.com, TRIPOLI - Truk kontainer tersebut dilengkapi pendingin. Biasanya, angkutan niaga itu mengangkut daging atau ikan. Tapi, truk yang ditemukan di Zuwara, Libya, tersebut berisi manusia.

Jumlahnya sekitar 90 orang. Delapan di antaranya tak lagi bernyawa ketika aparat membongkar paksa kontainer yang terkunci itu Senin (16/7).

Para penumpang gelap dalam kontainer bercat merah tersebut diyakini sebagai imigran gelap. ’’Mereka berasal dari berbagai negara di sub-Sahara Afrika dan Jazirah Arab. Selain itu, dari Pakistan dan Bangladesh,’’ demikian bunyi pernyataan tertulis otoritas keamanan Zuwara sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (17/7).

Begitu dibebaskan dari kontainer, para imigran gelap tersebut langsung dilarikan ke rumah sakit. Termasuk delapan jasad yang enam di antaranya adalah anak-anak itu.

Investigasi awal menyebutkan bahwa delapan korban tersebut mati lemas. Mereka kehabisan napas karena terlalu lama berada di dalam kontainer.

Polisi menduga, sembilan jeriken berisi bensin yang ditemukan di dalam kontainer itu menjadi penyebab kematian delapan imigran.

’’Bensin di dalam wadah tersebut menguap karena temperatur udara yang tinggi. Uap yang terhirup itulah yang mungkin mengakibatkan kematian,’’ terang seorang petugas.

Saat truk kontainer tersebut ditemukan, suhu udara di Libya mencapai 30 derajat Celsius, sedangkan saat itu mesin truk mati.

Truk kontainer normalnya mengangkut daging atau ikan. Namun kendaraan yang ditemukan di Zuwara, Libya, ini berisi manusia. Tepatnya imigran gelap

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News