Ditemukan Alat Kontrasepsi Baru Bagi Pria

Ditemukan Alat Kontrasepsi Baru Bagi Pria
Ditemukan Alat Kontrasepsi Baru Bagi Pria
INGGRIS -- Ini mungkin kabar baik bagi mereka yang risih memakai kondom dan kontrasepsi lainnya. Pasalnya para peneliti Kesehatan Reproduksi dari Universitas Edinburgh telah menemukan gen yang dapat membuka kemungkinan pengembangan pil kontrasepsi baru bagi pria.

Eksperimen pada tikus menunjukkan gen yang disebut Katnal1, penting bagi perkembangan terakhir dalam proses produksi sperma. Sehingga dapat mengakibatkan infertilitas sementara jika diblokir.

Para ilmuwan berharap mereka dapat melakukan hal serupa pada manusia untuk menghentikan perkembangan sperma tanpa menyebabkan kerusakan permanen. Sehingga, terbuka peluang untuk membuat pil kontrasepsi bagi laki-laki dimana pada saat ini hanya melalui kondom atau vasektomi.

Penemuan itu sendiri dilakukan ketika para peneliti tengah menyelidiki penyebab kemandulan pada pria. Mereka lantas mengubah kode genetika pada tikus untuk melihat apakah binatang ini menjadi mandul."Penelitian atas hasil mutasi penyebab kemandulan kemudian membuka jalan ditemukannya Katnal1. Karenanya bila kami dapat mencari gen ini dalam testis, maka kami dapat mengembangkan kontrasepsi nonhormonal," ujar Dr Lee Smith seperti dikutip telegraph, (25/5).

INGGRIS -- Ini mungkin kabar baik bagi mereka yang risih memakai kondom dan kontrasepsi lainnya. Pasalnya para peneliti Kesehatan Reproduksi dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News