Ditemukan Benda Berbahaya di Empang Warga, TNI dan Brimob Sampai Turun

Minggu, 25 Juli 2021 – 00:58 WIB
Ditemukan Benda Berbahaya di Empang Warga, TNI dan Brimob Sampai Turun
Suasana evakuasi bom sisa perang dunia kedua yang ditemukan di area tambak warga Dusun Cumene, Desa Sumpang Minangae, Kecamatan Sibulue, Kabupaten Bone, Sulsel, Sabtu (24/7). FOTO: ANTARA/HO/Humas Yon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel

jpnn.com, MAKASSAR - Sebuah bom peninggalan perang ditemukan di Dusun Cumene, Desa Sumpang Minangae, Kecamatan Sibulue, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Satbrimob Polda Sulawesi Selatan mensterilkan lokasi penemuan bom itu.

"Sebuah bom jenis Craft atau bom pesawat peninggalan masa perang dunia berdiameter 35 cm dan panjang 50 cm ditemukan di sebuah area empang milik warga di Dusun Cumene," kata Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan melalui telepon seluler di Makassar, Sabtu.

Dia mengatakan untuk mensterilkan lokasi bekas wilayah penemuan bom tersebut, pihaknya bersama personel koramil setempat mengevakuasi bom yang memiliki daya ledak cukup kuat ini.

Berkaitan dengan hal tersebut, pihaknya menunggu pihak Yon Zipur, Den Pal Korem 141 Toddopuli dan Gegana Brimob Polda Sulsel.

"Menindaklanjuti laporan tentang penemuan benda yang diduga kuat adalah bom, maka untuk proses evakuasi benda itu, kami telah berkoordinasi untuk mempercepat proses evakuasi," katanya.

Danyon menjelaskan, penemuan bom ini pertama kali ditemukan oleh pemilik kolam ikan atau empang warga setempat yang hendak membersihkan menggunakan alat berat, sedangkan Bom Craft ini dalam kondisi tertimbun.

Berat bom tersebut diperkirakan 100 kg dengan kondisi aktif atau tidak meledak saat dijatuhkan oleh pesawat pada masa perang dunia lalu.

SPONSORED CONTENT

loading...