Ditemukan, Landasan Terbang Pterosaurus

Ditemukan, Landasan Terbang Pterosaurus
TERBANG - Sejumlah pterosaurus digambarkan tengah terbang di kawasan pantai bertebing-tebing, dalam salah satu lukisan imajiner seperti yang dimuat oleh situs National Geographic. Reka gambar: Mauricio Anton/Science Photo Library.
BERKELEY - Sebuah landasan terbang pra-sejarah yang khususnya digunakan oleh pterosaurus, makhluk purba yang bisa terbang, baru saja ditemukan. Para peneliti menemukan bukti keberadaan landasan pendaratan bagi reptil terbang yang telah punah itu tepatnya di sebuah lokasi yang dinamai "Pantai Pterosaurus". Penemuan itu berasal dari sejumlah deposit batuan pasir halus dari sebuah laguna kuno di kawasan barat daya Prancis, yang dikatakan berasal dari sekitar 140 juta tahun lalu, di penghujung era jurassic.

Seperti diberitakan LiveScience.com, Kamis (20/8), jejak-jejak kaki dari deposit di lokasi itu sekaligus menunjukkan sejumlah gerakan pendaratan yang biasa dilakukan para pterosaurus - hewan dari jenis pterodactyloid dengan rentang sayap sekitar 1 meter - itu. Jejak-jejak yang dianalisa itu memperlihatkan bahwa saat akan mendarat, pterosaurus mengepakkan sayap untuk mengerem terbangnya, kemudian langsung menjejakkan kedua kakinya yang sepanjang 5 cm secara bersamaan pada sudut lumayan tinggi.

Berikutnya, masih berdasarkan rekaman jejak yang ditemukan, reptil terbang tersebut tampaknya masih harus menyeret kakinya hingga jarak tertentu, dengan kemngkinan melakukan beberapa gerakan seperti lompatan dua kaki. Setelah itu, barulah makhluk tersebut bisa benar-benar berhenti, sesudah menurunkan pula kedua sayapnya, sebelum akhirnya menyesuaikan posisi badannya.

"Tidak ada bukti keberadaan landasan lain (sejauh ini) di dunia, yang berhubungan dengan pterosaurus, baik dalam hal pendaratan maupun saat tinggal landasnya," ungkap Kevin Padian, anggota tim peneliti yang adalah juga seorang paleontolog di University of California, Berkeley.

BERKELEY - Sebuah landasan terbang pra-sejarah yang khususnya digunakan oleh pterosaurus, makhluk purba yang bisa terbang, baru saja ditemukan. Para

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News