Diterjang Longsor, Jalur Wisata Pantai Selatan Bagbagan-Kiaradua Sulit Diakses

Diterjang Longsor, Jalur Wisata Pantai Selatan Bagbagan-Kiaradua Sulit Diakses
Tiang listrik milik PLN yang tumbang karena tergerus longsor di jalur wisata selatan Kabupaten Sukabumi yang menghubungkan Jalan Bagbagan dengan Jalan Kiaradua tepatnya di Kampung Cimapag, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Selasa, (28/2/2023). Foto: ANTARA

jpnn.com, SUKABUMI - Jalur wisata pantai selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menghubungkan Jalan Bagbagan dengan Jalan Kiaradua di Kampung Cimapag, diterjang longsor, Selasa. Akibatnya, jalur menuju lokasi wisata maupun sebaliknya sulit untuk diakses.

Ruas Jalan Bagbagan-Kiaradua di Desa Loji, Kecamatan Simpenan itu juga mengakibatkan tiang kabel listrik yang terbuat dari beton tumbang.

"Kejadian ini menyebabkan akses jalan dari kedua arah menjadi tertutup," kata Manajer Pusat Pengendalian dan Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna di Sukabumi, Selasa.

Informasi yang dihimpun dari petugas penanggulangan bencana, longsor dari tebing di pinggir ruas Jalan Bagbagan-Kiaradua dipicu cuaca buruk berupa hujan deras yang turun hampir sepanjang hari.

Kondisi tanah yang labil mengakibatkan terjadinya longsor. Dampak longsor tersebut, satu batang pohon berukuran besar dengan ketinggian di atas 20 meter tumbang dan mengenai kabel listrik yang mengakibatkan tiang listrik ikut tumbang.

Akibat kejadian itu arus lalu lintas, baik dari arah Kecamatan Palabuhanratu menuju Kecamatan Simpenan maupun sebaliknya tidak bisa dilalui oleh kendaraan selama beberapa saat, dan mengakibatkan pemadaman listrik di sekitar lokasi kejadian.

Tidak berselang lama, petugas PLN yang tiba di lokasi langsung mengevakuasi tiang listrik yang melintang di tengah jalan itu sehingga arus kendaraan dari kedua arah kembali normal.

Meskipun tidak ada korban jiwa pada kejadian ini, pihaknya mengimbau masyarakat, khususnya pengendara kendaraan bermotor, berhati-hati saat melintas jalan tersebut karena dikhawatirkan terjadinya longsor susulan, mengingat hujan gerimis sampai deras masih turun di sekitar lokasi.(antara/jpnn)

Jalur wisata pantai selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menghubungkan Jalan Bagbagan dengan Jalan Kiaradua di Kampung Cimapag, diterjang longsor, Selasa.


Redaktur & Reporter : Budianto Hutahaean

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News